JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ketahanan Pangan Wonogiri, Letkol Inf Edi Ristriyono Soroti Peran Gapoktan

Tanaman
Penanaman bibit padi di Bulukerto Wonogiri. Dok. Kodim 0728 Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono menekankan soal ketahanan. pangan Wonogiri. Perwira menengah TNI AD itu lantas menyoroti peran penting Gapoktan (gabungan kelompok tani).

Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono mengatakan hal itu ketika bersilaturahmi dengan Forkopimcam Wuryantoro dan Forkopimcam Eromoko, Selasa (2/07/2024).

Pada kunjungan itu Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono bersama rombongan disambut Camat Wuryantoro Soemardjono Fadjari dan Camat Eromoko Danang Erawanto beserta jajaran Forkopincam, PPL, Kepala Desa dan Gapoktan.

Dalam kunjungannya selain menjalin silaturahmi, Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono juga menyampaikan sebagai abdi negara harus siap membantu dan mengatasi segala persoalan yang ada pada masyarakat.

Baca Juga :  PPDB SMA Wonogiri Bermasalah, Tidak Adil dan Bikin Gaduh

Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono menyampaikan bahwa program ketahanan pangan merupakan program yang sangat penting untuk menjaga stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif dari semua pihak, termasuk Gapoktan, untuk mendukung program tersebut.

Gapoktan memiliki peran penting dalam menjaga ketahanan pangan di wilayahnya. Oleh karena itu, saya mengajak untuk bersama-sama dalam mensukseskan program ketahanan pangan,” kata Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono.

Lebih lanjut, Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono menyampaikan beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh Gapoktan untuk mendukung program ketahanan pangan. Meliputi meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi padi, jagung atau tanaman pangan lainnya, mengoptimalkan penggunaan lahan.

Baca Juga :  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik HRD, Panduan Lengkap

Selain itu melakukan diversifikasi tanaman pangan, meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk dan pestisida serta memperkuat kelembagaan Gapoktan.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono juga menyampaikan program pompanisasi Kementan yang merupakan solusi cepat dalam mengatasi masalah pertanian utamanya mengairi sawah kering. Harapannya lahan tetap produktif di tengah musim kering akibat fenomena iklim El Nino guna mewujudkan swasembada pangan.

Program ini sangat penting agar menghadapi El Nino nanti para petani tidak kesulitan dalam mencari sumber air untuk mengairi sawah guna mendapat hasil panen seperti yang diharapkan.

Dandim juga berharap para Babinsanya mendapat dukungan oleh PPL dan petani dalam menjalankan tugasnya guna mencukupi ketahan pangan di wilayah binaan mereka. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com