JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Megah dan Mewah, Pasar Jongke Solo Siap Beroperasi

tangkapan layar akun instagram @kabarsolo
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Kota Solo tidak hanya menyimpan tradisi dan budaya yang beragam, tetapi juga sarana masyarakat yang menarik. Salah satu sarana masyarakat di kota bertajuk “Spirit of Java” ini adalah pasar-pasarnya. Ada banyak pasar yang memiliki target pengunjungnya sendiri. Misalnya, Pasar Gede menjadi tujuan jika hendak kulineran ringan dan mencari kebutuhan dapur. Lalu ada Pasar Klewer, destinasi masyarakat dan wisatawan yang ingin mencari pakaian dengan harga terjangkau. Bahkan ada juga pasar yang menjajakan barang-barang antik, yakni Pasar Triwindu.

Beberapa pasar di Solo masih sering disebut pasar tradisional karena bentuknya yang sederhana dan merakyat. Meskipun begitu, ada sebuah pasar yang baru saja melakukan revitalisasi, yaitu Pasar Jongke.

Akun Instagram @kabarsolo memposting sebuah reels yang memperlihatkan Pasar Jongke yang telah selesai direvitalisasi (26/6/2024). Pasar tersebut terlihat lebih mewah dengan warna putih yang tajam dan nampak megah dengan arsitekturnya yang berbentuk lingkaran. Pasar ini juga dilengkapi lampu-lampu kuning keemasan dan cermin berbentuk mozaik.

Baca Juga :  Bacawali Solo, Diah Warih Borong Es Teh Untuk Suporter Usai Indonesia Kalah Lawan Australia

Revitalisasi Pasar Jongke telah dimulai sejak pertengahan 2023, tepatnya pada bulan Juli. Selama proses tersebut, para pedagang dipindahkan sementara ke pasar darurat di Lapangan Jegon, Pajang. Tempat tersebut telah disusun menjadi tiga lantai yang mampu menampung 1.500 pedagang.

Lantai pertama berisi pedagang dan kios kebutuhan dapur, seperti sayur-mayur, daging, dan makanan basah. Lantai kedua diisi oleh pedagang kebutuhan sehari-hari dan pedagang dari Pasar Kabangan yang juga akan direvitalisasi tahun ini. Sedangkan lantai ketiga menjadi pusat kuliner bagi pengunjung.

Selain itu, Pasar Jongke turut menyediakan tempat untuk para pedagang sepeda dan kolektor sepeda antik di bagian timur pasar. Tidak lupa, Pasar Jongke menambahkan fasilitas toilet, koridor siap pakai, dan sebuah mushala untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Pada konten reels yang diunggah tersebut, banyak netizen dari Solo yang tidak sabar menantikan peresmian Pasar Jongke.

Baca Juga :  Rudy Tegaskan Tak Gentar Adanya Wacana Koalisi Besar Lawan PDIP di Pilkada Solo 2024

“Ketika uang dan pengembang ditangan yang tepat,” tulis akun @gitaas****. “Terima kasih, semoga anak-anak muda jadi suka ke pasar, tidak hanya ke mall aja…😁” tambah akun @yunan_ayo_seman****. “Dulu pasar Jongke mblesek di bawah tanah ga keliatan dari jalan, sekarang megah 🙌🙌” puji akun @alfy***. “Karo mall megah iki.. di buat foto pernikahan we g ketok pasar mewahh poll..semua mata pasti takjub melihatnya,” akun @ayu_ba** turut mengapresiasi revitalisasi Pasar Jongke.

Pemkot Solo akan memindahkan pedagang ke pasar ini pada minggu ketiga bulan Juli tahun ini. Pada bulan Agustus, Pasar Jongke diperkirakan siap dibuka dan mulai beroperasi melayani masyarakat.

M. Guntur Rahardjo

Sumber:

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com