JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Melalui Cosplay Jenderal Sudirman, Bagus Hidupkan Semangat Kepahlawanan di Solo Night Market

Sejumlah pengunjung tampak mengerumuni Cosplay Jendral Sudirman di Solo Car Free Night | Foto: Aisyah Kharisma Yogi
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Pada malam yang penuh warna dan keramaian di Solo Night Market, sebuah pemandangan tak biasa menarik perhatian pengunjung. Seorang pemuda tampil memukau dengan cosplay Jendral Sudirman, salah satu pahlawan nasional Indonesia.

Dengan semangat patriotisme yang membara, pemuda itu membawa suasana baru di tengah keramaian yang biasa dipenuhi oleh pedagang dan hiburan.

Dialah Bagus, seorang pemuda yang tergabung dalam komunitas mangkal solo night market. Bagus telah lama memiliki ketertarikan pada sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dan memutuskan untuk menghormati salah satu tokoh yang ia kagumi, Jendral Sudirman, melalui cosplay di acara Solo Night Market.

“Jenderal Sudirman adalah simbol keberanian dan pengorbanan bagi saya. Dengan cosplay ini, saya ingin mengingatkan generasi muda tentang pentingnya mengenal sejarah dan menghargai para pahlawan kita,” ujar Bagus (29/6/2024).

Baca Juga :  Spanduk Bernada Provokatif Kembali Muncul Jelang Pilkada Solo 2024

Kostum yang dikenakannya juga sangat mencolok dengan nuansa gold dan make up karakter yang sepadan dengan warna baju. Sehingga, menjadikkannya seperti patung sungguhan. Warna cat atau make up yang digunakan aman untuk tubuh.

“Persiapan make up seperti ini membutuhkan waktu dua jam dengan biaya Rp 180.000,” ungkapnya kepada Joglosemarnews.

Sejumlah pengunjung tampak tartarik dan mengajak berswafoto dengan karakter Jendral Sudriman Tersebut. Mereka berfoto dengan beberapa gaya dan pose kekinian. Cosplay Jendral Sudirman tidak hanya di acara Solo night market saja melainkan juga di acara CFD yang berada di Jalan Slamet Riyadi.

Baca Juga :  Bacawali Diah Warih Optimis Dapat Rekomendasi Pusat, Ditengah Menguatnya Nama Gusti Bhre

Bagus mengatakan, karakter yang diperankan kelompok mereka ada banyak jenisnya. Namun, dari tema cosplay yang ditampilkan akan selalu mengandung makna tersirat atau pesan kepada masyarakat.

“Saya memilih menjadi seperti ini bukan karena profesi, melainkan tidak hanya sekedar karakter tetapi juga debus,” ujarnya.

Dalam tema kostum itu, mereka akan menyesuaikan karakter dengan perkembangan tren di masyarakat Solo. Setiap kali ada event, kelompok seniman karakter bisa muncul dengan karakter berbeda-beda.

Acara Solo Night Market malam itu menjadi lebih istimewa dengan hadirnya Bagus yang ber-cosplay sebagai Jendral Sudirman. Tindakan Bagus ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk terus mengenang dan menghormati jasa para pahlawan nasional. Aisyah Kharisma Yogi

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com