JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Sebanyak 585 Wisatawan di Pantai Selatan Tersengat Ubur-ubur

Sejumlah ubur-ubur bermunculan di Pantai Parangtritis sampai Pantai Depok | tribunnews
   

BANTUL, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sekitar 585 wisatawan yang sedang berlibur di Pantai Prangtritis hingga  pantai Depok, Gunungkidul  disengat ubur-ubur yang bermunculan pada hari yang sama, Minggu (28/7/2024).

“Minggu (28/7/2024) dari pukul 07.00 – 18.00 WIB, kami mencatat ada 585 wisatawan yang terkena ubur-ubur,” kata Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III, Muhammad Arif Nugraha, kepada Tribunjogja.com, Senin (29/7/2024).

Disampaikannya, jumlah itu meningkat dari sehari sebelumnya yakni Sabtu (27/7/2024), yang hanya ada 32 wisatawan terkena ubur-ubur.

Peningkatan kasus wisatawan terkena ubur-ubur itu terjadi dikarenakan ramainya kunjungan wisatawan karena bersamaan dengan digelarnya Jogja International Kite Festival 2024 di Pantai Parangkusumo.

Baca Juga :  Gangguan Teknis Ini Bikin Anyel Pendaftar CPNS 2024, Proses Pedaftaran Macet di e-Meterai

“Karena ada acara itu, jadi banyak wisatawan yang utamanya anak-anak tidak tahu terkait keberadaan ubur-ubur,” ucapnya.

Pihaknya pun sempat kewalahan menangani wisatawan yang terkena ubur-ubur. Pasalnya, jumlah personel Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III yang bertugas tidak setara dengan wisatawan yang terkena ubur-ubur.

“Dalam penanganan, kami memang dibantu oleh rekan-rekan dari Puskesmas Sanden yang ditugaskan oleh Dinas Kesehatan Bantul untuk membantu menangani kondisi di sana. Tapi, tetap saja, jumlah yang bertugas itu tidak sebandiang dengan wisatawan yang terkena ubur-ubur,” paparnya.

Meski demikian, Nugraha mengatakan bahwa seluruh wisatawan yang tersengat ubur-ubur sudah mendapatkan penaganan dengan baik.

Baca Juga :  Jam 03.00 Main HP, Jam 05.30 Lansia di Bantul Ini Ditemukan Sudah Gantung Diri!

“Tapi, beryukurnya, kemarin wisatawan yang terkena ubur-ubur tidak sampai berakibat fatal atau harus menjalani perawatan khusus. Karena mamang, biasanya ubur-ubur itu hanya membuat kulit menjadi panas,” terangnya.

Di sisi lain, Nugraha mengatakan bahwa sebenarnya Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III sudah berupaya memberikan imbauan kepada wisatawan untuk berhati-hati dan memperhatikan lingkungan saat bermain air.

Tujuannya, tak lain untuk menghindari sengatan ubur-ubur yang sedang marak bermunculan di sejumlah pantai sejak beberapa waktu terakhir.

“Pihak penyelenggara acara Jogja International Kite Festival 2024 juga sudah memberikan imbauan terkait keberadaan ubur-ubur,” tandas dia.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com