JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sedekah Agung Panen Raya di Punthuk View Slogoretno Jatipurno Wonogiri, Lestarikan Tradisi Methik Pantun

Tradisi
Sedekah Agung Panen Raya di Punthuk View Slogoretno Jatipurno Wonogiri. Istimewa
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di antara hamparan sawah yang menawan di Punthuk View Slogoretno Jatipurno Wonogiri, gema sukacita menggema pada Kamis, (11/7/2024)

Kelompok Tani atau Poktan Tani Mulyo Dusun Muruh Desa Slogoretno Jatipurno Wonogiri menggelar Sedekah Agung Panen Raya, sebuah tradisi yang menghormati alam dan merayakan panen berlimpah.

Acara ini bukan sembarang perayaan. Sedekah Agung Panen Raya merupakan kali pertama diresmikan secara resmi, meskipun tradisi Methik Pantun atau panen padi- kearifan lokal Desa Slogoretno – telah lama dipraktikkan oleh masyarakat secara individu setiap musim panen padi.

Mulyono, Ketua Poktan Tani Mulyo, mengungkapkan antusiasmenya.

“Alhamdulillah, gayungpun bersambut. Pemerintah Desa Slogoretno mendukung penuh acara ini karena menunjukkan budaya yang baik dan merupakan kearifan lokal masyarakat,” ujar Mulyono dalam rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (13/7/2024).

Baca Juga :  Setyo-Imron Dapat Rekomendasi Gerindra Maju Pilgub Wonogiri 2024

Sementara Kades Slogoretno Suparmanto, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas karunia panen yang melimpah. Ia pun berharap Sedekah Agung ini dapat menjadi agenda tahunan desa dan menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Punthuk View Slogoretno di masa depan.

Kawasan persawahan Punthuk View Slogoretno seluas sekitar dua puluh hektar dengan pemandangan yang indah ini dalam jangka panjang akan dikembangkan menjadi objek wisata edukasi dan eko wisata berbasis kearifan lokal. Pengembangan ini akan mencakup infrastruktur wisata, budaya, dan potensi masyarakat lainnya.

Baca Juga :  Eduwisata Semagar Girimarto Wonogiri Jadi Ajang Pembelajaran Pertanian Menyenangkan

Lebih dari sekadar perayaan panen, Sedekah Agung Panen Raya merupakan simbol rasa syukur dan kebersamaan masyarakat Desa Slogoretno Jatipurno Wonogiri. Acara ini pun menjadi momentum untuk melestarikan tradisi dan budaya lokal, serta mendorong pengembangan wisata di Desa Slogoretno Jatipurno Wonogiri.

Di balik gempuran modernisasi, Sedekah Agung Panen Raya menjadi pengingat bahwa tradisi dan kearifan lokal memiliki nilai yang tak ternilai. Punthuk View Slogoretno, dengan hamparan sawahnya yang indah dan tradisi yang kental, siap menyambut para pengunjung untuk merasakan pengalaman wisata yang edukatif dan penuh makna. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com