JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Unisri Solo Adakan Lokakarya untuk Tingkatkan Kualitas Dosen dengan NVIVO dan VOSViewer

Para dosen Unisri Solo tengah mengikuti lokakarya Smart Crwarive Hub HI berbasis NVIVO dan VOSViewer / Istimewa
   

SOLO,  JOGLOSEMARNEWS.COM – Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (Prodi HI) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo mengadakan Lokakarya Smart Creative Hub HI berbasis NVIVO dan VOSViewer di Solo Paragon Hotel pada Selasa (25/6/2024).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) senilai Rp 1,36 miliar,  dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dosen.

Hasna Wijayanti, ketua tim PKKM Prodi HI Unisri Solo, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews menyatakan, lokakarya itu bertujuan mengembangkan kualitas dosen dalam pemanfaatan teknologi NVIVO dan VOSViewer guna  publikasi ilmiah.

Baca Juga :  Unisri dan Genre Surakarta Gelar Pengabdian Masyarakat tentang Personal Branding

Kedua, software tersebut membantu dalam penelitian berbasis discourse research, mempermudah pengelolaan data, dan menemukan kebaruan dalam penelitian.

Dr. Ahmad Sahide dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memberikan pengantar terkait urgensi penggunaan NVIVO dan VOSViewer pada sesi pertama.

Sementara, sesi kedua dipandu oleh Misran M.IP yang mengajarkan peserta cara mengoperasikan kedua aplikasi tersebut.

Baca Juga :  Dua Atlet Bola Voli dari Uvomi Diterima di SKO Solo

Lokakarya  diikuti oleh dosen tetap Prodi HI, perwakilan dari beberapa program studi lain, serta para pimpinan universitas. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba pembuatan buku ajar digital dan video pembelajaran.

Hasna Wijayanti berharap kegiatan itu  dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung kualitas riset dan publikasi ilmiah. Menurutnya, NVIVO dan VOSViewer merupakan aplikasi penting yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengolahan data dalam penelitian. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com