JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Cuaca Panas, Ini 4 Masalah Kaki yang Umum Terjadi

Tumit pecah-pecah. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM Cuaca panas bisa bisa memunculkan berbagai masalah kesehatan seperti, dehidrasi, kulit terbakar sinar matahari, heat stroke, dan ruam kulit.

Hal itu kemungkinan terjadi pada orang yang sering menggunakan sandal atau telanjang kaki, selain alas kaki yang tidak pas dan kaus kaki yang kotor saat beraktivitas sehari-hari di luar ruangan.

Podiatris atau pakar kaki Heather Smart menyebutkan berbagai masalah kaki yang biasa muncul ketika cuaca panas. Berikut di antaranya.

Kutil
Kutil atau muncul titik hitam seperti luka di telapak kaki bisa muncul akibat permukaan yang terkontaminasi, seperti kolam renang dan ruang ganti umum. “Kelembapan dan lingkungan yang panas membuat kulit lebih ringkih sehingga lebih mudah terserang human papillomavirus (HPV), terutama jika sudah ada luka di telapak kaki,” ujarnya, dikutip dari The Sun.

Baca Juga :  Micin Sering Dianggap Bisa Menyebabkan Kebodohan, Ini Penjelasan Dokter Gizi

Kondisi ini umum dialami anak-anak karena sistem imun yang masih lemah. “Tapi bisa juga terjadi pada orang dewasa, terutama yang sistem imunnya lemah,” tambahnya.

Kapalan

Buat yang sering pakai sandal mungkin sering memperhatikan ada kulit di telapak kaki yang terlihat tebal dan keras. Penyebabnya bisa karena gesekan atau tekanan pada kulit. “Kapalan adalah jenis penebalan keratin (protein kulit),” ujar Smart.

Baca Juga :  Micin Sering Dianggap Bisa Menyebabkan Kebodohan, Ini Penjelasan Dokter Gizi

Jika sudah semakin tebal dan semakin dalam menembus kulit, maka bisa menyebabkan sakit dan mengelupas.

Tumit pecah-pecah

Ini juga masalah yang sering terjadi ketika cuaca panas, terutama pada pemakai sandal. Sandal tak menutup tumit sehingga lebih rentan terhadap gesekan. Retakan pada kulit yang semula tipis juga bisa semakin lebar dan dalam, bahkan dalam beberapa kasus bisa mengeluarkan darah.

Athleteโ€™s foot

Penyebabnya adalah jamur. Gejalanya gatal-gatal, kulit mengelupas di antara jari. Ada juga yang menyebutnya karena kutu air. Infeksi jamur ini umum terjadi di lingkungan yang lembap dan hangat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com