JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Golkar-Gerindra Sepakat Dedy Mulyadi Untuk Jabar, Emil untuk DKI, Kaesang? Pindah ke AS Dampingi Kuliah Isteri

Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (kiri) dan anggota DPR RI sekaligus mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi (kanan). Partai Golkar misalnya, terang-terangan mendukung Mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menjadi calon gubernur (cagub) Jawa Barat. Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Lodewijk F. Paulus menyatakan terbuka kemungkinan Ridwan Kamil akan maju di Pilkada Jakarta 2024 | tribunnews
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Peluang Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep untuk ikut Pilkada DKI Jakarta tertutup sudah.

Hal itu menyusul Partai Golkar dan Gerindra yang sudah mencapai kata sepakat untuk mengusung Dedy Mulyadi di Pilgub Jabar dan Ridwan Kamil (Emil) ke DKI Jakarta.

Hal itu sudah terkonfirmasi dengan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Airlangga ย menyatakan Golkar sudah melakukan pertemuan dengan Partai Gerindra terkait Pilkada Jawa Barat 2024.

Pertemuan dilakukan di Jawa Barat bersama pengurus DPD Golkar dan DPD Gerindra Jawa Barat.

Dalam pertemuan tersebut nama Dedi Mulyadi didorong menjadi calon gubernur Jawa Barat di Pilkada 2024.

Dia juga menegaskan kalau pembicaraan dengan Dedi Mulyadi, sudah sampai tahap keputusan mendukung di Jawa Barat.

Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Lodewijk F. Paulus menyatakan terbuka kemungkinan Ridwan Kamil akan maju di Pilkada Jakarta 2024.

Bahkan kata Wakil Ketua DPR RI itu, slogan Ridwan Kamil on the way ‘otw’ Jakarta yang pernah mencuat beberapa waktu lalu, akan benar terjadi.

Sementara perihal dengan pengumuman kapan Ridwan Kamil akan diusung di Pilkada Jakarta, Lodewijk menyebut dalam waktu dekat.

Dirinya memastikan kalau sebelum pendaftaran ke KPU RI pada 27 Agustus sudah ada kepastian dan pengumuman tersebut.

Tinggal Diumumkan

DPP Partai Demokrat menegaskan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) tinggal tunggu waktu untuk mengumumkan nama Dedi Mulyadi di Pilkada Jawa Barat dan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024.

Baca Juga :  Banyak Kementerian Minta Anggaran Lebih, Pengamat Nilai Pemerintah Kurang Matang dalam Penyusunan RAPBN 2025

Pernyataan itu ditegaskan langsung oleh Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani yang menyatakan kalau kemungkinan itu memang sudah direncanakan sejak awal oleh KIM.

“Jika kemudian Kang Dedi Mulyadi yang dimajukan di Jawa Barat dan Kang Emil maju di Jakarta, memang sejak awal seperti itu adanya. Meskipun kemudian dalam perjalanan terjadi dinamika,” kata Kamhar kepada Tribunnews, Minggu (4/8/2024).

“Jadi selanjutnya tinggal menunggu ini diputuskan secara resmi dan bersama-sama di KIM,” sambung dia.

Kendati saat ditanyakan soal posisi Demokrat terhadap dinamika politik saat ini di Jawa Barat dan di Jakarta, Kamhar menyebut, pihaknya ada pada kondisi menunggu.

Kata dia, Demokrat akan mengikuti apa yang menjadi keputusan internal KIM untuk Pilkada di dua provinsi tersebut.

“Sejak awal Partai Demokrat pada posisi menunggu, siapa yang nanti akan diputuskan KIM sebagai Cagub Jabar dan Jakarta,” kata dia.

Hal senada juga disampaikan oleh Juru Bicara sekaligus Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Dirinya menyebut, partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menghormati dan mengapresiasi apa yang sudah diputuskan oleh Golkar dan Gerindra untuk Pilkada Jawa Barat.

“Tentu kita mengapresiasi temen-temen Golkar dan Gerindra yang sudah komunikasi dan berencana untuk mengusung bersama kang Dedi Mulyadi,” kata Herzaky.

Dirinya juga menilai, Dedi Mulyadi memang sosok yang memilki keterkenalan yang luas di Jawa Barat.

Sehingga, Herzaky meyakini, pengusungan Dedi Mulyadi nantinya bisa membawa kemenangan di Pilkada Jawa Barat.

Baca Juga :  Kasus Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi, KPK: Kaesang Harus Dilihat sebagai Anak Presiden, Jika Terbukti, Ini Ancaman Hukumannya

“Beliau kan memang sosok tokoh yang sudah dikenal luas juga di Jawa Barat dan punya potensi kuat untuk memenangkan kontestasi di Jawa Barat, InsyaAllah,” tandas Herzaky.

Bagaimana Nasib Kaesang?

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep ternyata akan pindah ke Amerika Serikat menemani istrinya Erina Gudono yang melanjutkan kuliah S2.

Erina mulai menjalani pendidikan program Master of Science di Fakultas Social Policy and Practice University Pennsylvania pada Agustus 2024 mendatang.

Kaesang menyatakan akan memberikan dukungan secara optimal kepada istrinya ketimbang urusan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pendaftaran Pilkada Serentak 2024 akan dibuka pada 27 Agustus 2024. Kaesang besar kemungkinan tengah berada di Negeri Paman Sam.

Hingga berita ini ditulis Kaesang belum memberikan kepastian akan mendaftar sebagai calon kepala daerah atau tidak.

Sementara itu kepindahan Kaesang ke Amerika Serikat juga membuat posisi Ketua Umum akan beralih ke pelaksana tugas (Plt).

Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (Sekjen PSI) Raja Juli Antoni mengonfirmasi Plt Ketum akan dibahas internal nantinya.

Menurutnya, langkah mendampingi istrinya berkuliah di Amerika Serikat adalah pilihan personal.

Raja hanya mengatakan PSI perlu melakukan pembahasan internal lebih dulu.

“Nanti di internal dibicarakan,” ujarnya di Kawasan Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2024).

Menurutnya, keputusan Kaesang yang akan mendampingi istrinya kuliah merupakan pilihan personal.

“Tentu pada saatnya nanti Mas Kaesang akan mengambil keputusan pribadi, tentu diajak ngobrol dengan istri,” sambungnya.

www.tribunnews.com

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com