JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

PDIP DIY Usung Harda Kiswaya dan Danang Maharsa di Pilkada Sleman 2024

Mantan Sekda Sleman Harda Kiswaya yang diusung lima partai untuk maju sebagai calon bupati dalam Pilkada Sleman 2024. Tempo.co
ย ย ย 

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan secara resmi mengusung pasangan Harda Kiswaya dan Danang Maharsa dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman 2024.

“Untuk wilayah DIY, baru surat rekomendasi untuk Pilkada Sleman yang turun, yang mendapatkan rekomendasi Harda Kiswaya dan Danang Maharsa,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY Totok Hedi Santosa Sabtu (3/8/2024).

Harda merupakan mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, sedangkan Danang Maharsa merupakan kader PDI Perjuangan yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Sleman.

Dengan turunnya rekomendasi PDI Perjuangan ini, langkah Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang sebelumnya mendaftar dan berupaya mendapat dukungan dari partai berlogo banteng moncong putih itu praktis terhenti.

Adapun Kustini merupakan kader PAN yang diusung PDI Perjuangan pada Pemilu 2019 silam. Totok mengatakan surat rekomendasi itu juga disertai tandatangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. “Untuk rekomendasi Pilkada di wilayah lain DIY masih berproses,” kata dia.

Baca Juga :  Berawal dari Penjaja Sayur, Ketahuan Wanita di Kulonprogo Ini Meninggal di Rumahnya

Dukungan dari PDI Perjuangan ini membuat kekuatan Harda kian besar. Sebab, pertengahan Juli 2024 lalu, lima partai politik (parpol) di Kabupaten Sleman juga telah mendeklarasikan Koalisi Sleman Bersatu (KSB) yang mengusung mantan Sekda Sleman itu. Lima partai itu adalah Golkar, Gerindra, PKS, NasDem, dan PPP.

Dengan dukungan PDI Perjuangan yang menguasai kursi dominan di parlemen Sleman, langkah Harda dipredisi akan membuat sulit bakal calon lawannya nanti.

Bergabungnya PDIP di barisan pendukung Harda, kini menyisakan dua partai besar di DPRD Sleman yakni PAN dan PKB. PAN yang telah mendeklarasikan Kustini maju kembali sebagai calon bupati. Karena telah mendeklarasikan Kustini, mau tak mau PAN harus berkongsi dengan PKB untuk bisa mengusung pasangan calon.

Baca Juga :  Pagi Ceria Berangkat Kerja, Pulang-pulang, Warga Bantul Ini Temukan Suaminya Gantung Diri!

Totok mengatakan, PDI Perjuangan akan segera memanggil Harda dan bertemu dengan partai koalisi pendukungnya dalam waktu dekat.

“Harda saat ini telah didukung partai partai lain, kami terbuka untuk berdiskusi dan menyamakan langkah demi mencapai kemenangan di Kabupaten Sleman,” kata dia.

Adapun Ketua DPD Golkar Sleman Janu Ismadi yang merupakan bagian Koalisi Sleman Bersatu (KSB) pengusung Harda mengatakan untuk posisi calon wakil bupati Harda masih dibahas di internal koalisi. โ€œNamun dari Golkar sudah mengusulkan calon wakil Harda itu Danang Maharsa,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com