JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Teknologi Berkembang Pesat: Ini 7 Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Masa Depan, Apa Saja?

Ilustrasi tenaga medis. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Perkembangan zaman yang dibarengi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih mempengaruhi berbagai sisi kehidupan. Mulai dari sisi sosial hingga dunia kerja. Banyak pekerjaan yang dulu sangat populer kini mulai ditinggalkan karena digantikan oleh profesi baru yang menyesuaikan dengan kemajuan teknologi.

Bahkan tak jarang beberapa pekerjaan manusia kini sudah digantikan dengan mesin atau artificial intelligence (AI).

Dilansir dari The Forage, beberapa pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan berfokus pada teknologi, data, dan kesehatan.

Oleh karenanya, memahami apa saja pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan menjadi sangat penting untuk diketahui. Terutama bagi mereka yang ingin mempersiapkan diri dengan baik untuk peluang karir yang akan datang.

Lantas, apa saja pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan? Berikut informasi lengkapnya.

Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Masa Depan

1. Spesialis Kecerdasan Buatan (AI) dan Pembelajaran Mesin (Machine Learning)

Kemajuan pesat dalam bidang teknologi AI, membuat permintaan untuk spesialis yang memahami dan dapat mengembangkan sistem AI dan machine learning terus meningkat.

Baca Juga :  BCA tiket.com Travel Fair 2024 Kembali Hadir, Wujudkan Liburan Impianmu

Profesi ini bertanggung jawab untuk pengembangan algoritma, analisis data, dan pembuatan model prediksi yang dapat digunakan di berbagai industri, mulai dari kesehatan hingga keuangan.

2. Keamanan Siber
Seiring dengan meningkatnya ketergantungan pada teknologi digital, ancaman terhadap keamanan data dan informasi juga meningkat.

Perusahaan di masa depan akan membutuhkan spesialis keamanan siber untuk melindungi informasi sensitif dan mencegah serangan siber. Keahlian dalam enkripsi, analisis ancaman, dan mitigasi risiko akan sangat dihargai.

3. Data Scientist
Data telah menjadi salah satu aset paling berharga dalam bisnis modern. Seorang data scientist bertanggung jawab untuk menganalisis dan menafsirkan data kompleks untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang didasarkan pada informasi.

Kemampuan untuk memahami statistik, pemrograman, dan ilmu komputer sangat penting dalam peran ini.

4. Pengembang Perangkat Lunak

Pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan selanjutnya adalah pengembang perangkat lunak. Pengembang perangkat lunak adalah kunci untuk menciptakan teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti aplikasi mobile hingga sistem berbasis cloud.

Tak heran jika dalam beberapa tahun kedepan keterampilan dalam bahasa pemrograman seperti Python, Java, dan JavaScript sangat dicari.

Baca Juga :  Turun Rp 7 Ribu per Gram, Harga Emas Antam Satu Gram Jadi Rp 1.398.000

5. Spesialis Pengembangan Berkelanjutan dan Energi Terbarukan
Dari tahun 2020 hingga 2030, pekerjaan di bidang energi terbarukan masuk dalam daftar pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan.

Profesi ini sangat dibutuhkan karena semakin banyak orang yang menganut gaya hidup berkelanjutan, sehingga kebutuhan akan metode energi alternatif akan meningkat.

Pekerjaan ini mencakup penelitian dan pengembangan teknologi yang lebih ramah lingkungan serta implementasi praktik bisnis yang berkelanjutan.

6. Pekerja di Bidang Kesehatan
Populasi yang menua dan peningkatan penyakit kronis meningkatkan permintaan untuk pekerja di sektor kesehatan.

Selain dokter dan perawat, ada kebutuhan untuk ahli terapi fisik, psikolog, dan pekerja sosial. Pekerjaan dalam bioteknologi dan pengembangan obat juga akan melihat pertumbuhan yang signifikan.

7. Desainer UX dan UI
Dengan semakin banyaknya produk dan layanan digital, penting untuk memastikan bahwa mereka mudah digunakan dan memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna. Desainer UX/UI bekerja untuk membuat antarmuka yang menarik dan memastikan bahwa pengguna dapat berinteraksi dengan produk dengan mudah dan efektif.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com