Beranda KOLOM Narsisme di Balik Baliho

Narsisme di Balik Baliho

Penampakan baliho Puan Maharani yang merebak di berbagai wilayah di Sragen (kiri) dan pembentukan relawan Dulur Ganjar Pranowo (DGP) Sragen. Foto/Wardoyo

Catatan: Ilham Bintang*

ADA dua golongan yang tidak boleh dipilih jadi pemimpin. Golongan pertama, orang “yang tidak mau”. Golongan kedua : “orang yang terlalu mau”.

Kepemimpinan berdasar kearifan  lokal masyarakat tradisional Bugis Makassar  itu mewanti – wanti supaya berhati-hati mengenai dua golongan calon pemimpin tersebut.

Sederhana alasannya. Golongan yang tidak mau akan sulit dimintai pertanggungjawaban amanah kepemimpinannya.

Kalau gagal atau hadapi masalah, mudah dia bela diri dengan mengatakan, “siapa yang suruh memilih  saya. Sejak  awal saya  kan memang tidak mau”.

Yang terlalu mau ?. Lebih sulit lagi. Dampaknya bisa fatal. Karena golongan ini niscaya hanya akan menjalankan agendanya sendiri dan agenda kelompoknya. Tidak konek dengan aspirasi seluruh masyarakat yang memilihnya.

Baliho Airlangga Hartarto terpampang di jalan protokol Sragen. Foto/Wardoyo

Pemilihan langsung

Dalam sistem politik kita pasca reformasi, tampaknya kearifan lokal model itu sudah usang alias jadul, sudah dibuang ke tempat sampah. Digantikan oleh sistem  demokrasi modern,  “impor ” dari  sistem demokrasi negara – negara maju di Barat.

Pemilihan pemimpin langsung  dari tingkat kepala desa sampai kepala negara, salah satu produknya. Sistem ini juga sebenarnya meninggalkan sila keempat Pancasila, falsafah hidup kita, warisan Bung Karno.

Sila keempat jelas mengamanatkan azas ” kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan permusyawaratan/perwakilan”. Azas ini hanya berlaku setengah abad dalam priode kepemimpinan Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto.

Sistem demokrasi kita kini didomimasi golongan “orang yang terlalu mau”. Tak pelak kita pun  menyaksikan  kontestasi para calon golongan “orang yang terlalu mau” dalam Pemilu bagai sebuah  festival yang marak dengan berbagai wujud narasi di media massa, juga spanduk, baliho, dan  billboard.

Yang sarat  janji dan bualan. Pameran pelbagai siyasah mutakhir gaya melow, victimisasi, sampai masuk gorong- gorong,

mereka sajikan  demi menggaet pendukung. Siyasah yang populer disebut sebagai pencitraan. Secara umum itulah sebenarnya siyasah narsisme.

Beberapa hari lalu  dalam tulisan Lakon “Si Halu dan Si Narsis ” (5 Agustus), saya mengulas sedikit narsisme itu dalam skandal sumbangan 2 T.

Narsisme adalah budaya yang berkembang pesat di era digital. Budaya  itu  menonjolkan pola hidup individualisme dan  rasa cinta terhadap diri sendiri secara berlebihan yang berkembang terus-menerus tanpa henti.

Narsisme ini mendapatkan wadah dalam Pemilu yang menjadi industri raksasa beromzet ratusan triliun rupiah. Yang melahirkan lembaga survey, tim sukses, relawan, buzzer, termasuk juga media pers yang ikut mendulang pundi-pundi  di situ.

Baca Juga :  Bahlil Lahadalia Kesengsem Soto Khas Solo, Cocok Rasanya dan Paten

Drama pencitraan adalah produk kolaborasi  para pencari rente itu untuk menciptakan tontonan  dengan “dramaturgi” mengharu biru, seperti yang biasa kita saksikan dalam lakon teater maupun film.

Dramaturgi dicetuskan pertama kali oleh Erving Goffman pada tahun 1959 yang termuat dalam karyanya berjudul “Presentation of Self in Everyday Life”. Sebuah teori yang mengemukakan bahwa teater dan drama mempunyai makna yang sama dengan interaksi sosial dalam kehidupan manusia.

Dramaturgi, menurut literatur itu, dalam konsep Erving merupakan pendalaman dari konsep interaksi sosial, yang menandai ide-ide individu yang kemudian memicu perubahan sosial masyarakat menuju era kontemporer.

Teori dramaturgi muncul sebagai reaksi atas konflik sosial dan rasial dalam masyarakat. Dramaturgi berada di antara interaksi sosial dan fenomenologi.

Nilai apa yang bisa dipetik masyarakat dari  para pemimpin bermodal pencitraan, yang mereka saja pun tahu itu cuma siyasah. Sepekan ini itulah yang ramai digugat masyarakat di berbagai media. Rakyat seperti baru tersadar sehingga menyoal “festival”   spanduk, baliho, dan billboard di banyak kota besar di Tanah Air.  Baliho itu memasang wajah  elit bangsa seperti Puan Maharani, Airlangga Hartarto, Muhaimin Iskandar, Agus Harimurti Yudhono.

Publik menyoal  karena momen “festival” itu berlangsung di tengah kondisi bangsa yang  terpuruk pandemi Covid19. Hampir 20 bulan sejak awal Maret 2020, pandemi telah meluluhlantakkan seluruh sendi kehidupan bangsa.

Sampai Senin (9 Agustus), pandemi telah menelan 108. 571 jiwa meregang nyawa — dari total yang terpapar 3.686.704 jiwa. Senin (9/8)  malam, pemerintah mengumumkan kembali melanjutkan Penetapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM).

Tidak terhitung kerugian ekonomi yang dialami masyarakat. Rakyat di sejumlah daerah pun telah mengibarkan bendera putih tanda menyerah. Menunggu uluran tangan pemerintah dan  saudara sebangsa membantu keluar dari kesulitan hidup.

Di tengah setting penderitaan itu, wajar jika mereka menggugat elit-elit politik yang seperti kehilangan rasa empati.  Topik itu diangkat oleh presenter Tysa Novenny Sariosa dalam program Kabar Petang TVOne, Senin (9/8) malam.

Menampilkan tiga pembicara. Yaitu : Kader PDI-Perjuangan, Arya Bima, dan kader Partai Golkar, Maman Abdurahman dan DR Burhanuddin Muchtadi.

Baca Juga :  Relawan 02 Laporkan Tindak Dugaan Intimidasi Pada Bawaslu Solo

Saya mengikuti acara itu sampai habis. Menyedihkan pembelaan kedua elit politik itu terhadap boss mereka masing- masing. Memang tidak ada pelanggaran hukum pada pemasangan spanduk itu.

Namun, dalam kehidupan berbangsa, hukum bukan satu-satunya pedoman  bermasyarakat. Ada sistem nilai seperti  etik dan moral yang juga penting  dipatuhi. Arya Bima membeberkan, setiap hari partainya, katanya, sudah menyalurkan bantuan untuk rakyat yang terpapar.

Namun, rasanya bantuan sebesar apapun tidak semestinya dijadikan paspor untuk melukai perasaan warga yang berduka.  Sistem nilai masyarakat kita menganut paham “ketika tangan memberi tangan kiri pun tidak perlu tahu”.

Maman dari Partai Golkar lebih parah lagi. Dia bilang, pemasangan baliho Airlangga Hartarto ” junjungannya” di Partai Golkar, adalah program lama. Sebuah pengakuan, partainya kurang memiliki sensitifitas. Mungkin Maman tidak tahu, jutaan rakyat sudah lebih setahun tidak sholat berjamaah di masjid — padahal itu menjadi kewajibannya dalam beragama.

Sedangkan, Burhan Muchtadi, seperti biasa, mengambil jalan tengah. “Justru rakyat diuntungkan, pada saat kampaye pemilu  nanti tinggal tagih janji-janji politik para elit itu. Burhan  lupa, berapa banyak sudah   janji kampanye para pemimpin itu tidak  direalisasi, dan rakyat tidak tahu bagaimana ” menghukum” pemimpin yang ingkar janji itu.

Begitulah  narsisme bekerja. Apa itu narsisme? Sebenarnya hanya ada dalam mitologi Yunani 800-900 SM. Tentang pemuda bernama Narcissus yang jatuh cinta pada dirinya sendiri.

Setiap harinya hanya  berkaca menatap wajahnya di  air kolam atau danau yang menjadi medianya. Seharian hanya memuji dan mengagungkan dirinya sendiri. Sampai akhirnya mati  tercebur di kolamnya sendiri.(*)

 

–Penulis adalah wartawan senior*–