Beranda Daerah Boyolali Keren, Bhabinkamtibmas Polsek Ngemplak Budidaya Ikan Lele untuk Ketahanan Pangan, Saat Pandemi...

Keren, Bhabinkamtibmas Polsek Ngemplak Budidaya Ikan Lele untuk Ketahanan Pangan, Saat Pandemi 1 Kolam Kini 9 Kolam

Budidaya ikan lele yang dilakukan oleh Bripka Ariyanto Wibowo, Bhabinkamtibmas Polsek Ngemplak, Polres Boyolali. Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Bripka Ariyanto Wibowo, Bhabinkamtibmas Polsek Ngemplak, Polres Boyolali, menunjukkan terobosan kreatif. Caranya, menggeluti budidaya ikan lele sebagai upaya mendukung ketahanan pangan di Desa Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak.

Ide budidaya ikan lele ini muncul pada masa pandemi Covid-19. Saat itu, Bripka Ariyanto melihat potensi yang belum termanfaatkan pada kolam milik Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) di wilayah binaannya. Tanpa ragu, ia segera berkoordinasi dengan perangkat Desa dan BKM untuk mengimplementasikan ide tersebut.

Upaya ini semakin diperkuat dengan perintah dari Kapolda untuk membentuk Kampung Siaga Candi dalam rangka menghadapi tantangan ketahanan pangan. Budidaya dimulai dengan mengisi kolam pertama menggunakan benih lele sebanyak 4.000 ekor.

“Hasil panen pertama tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga digunakan untuk membeli bibit dan pakan baru serta menambah jumlah kolam,” katanya, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga :  Lagi Asyik-asyiknya Berjudi, 10 Tersangka Dikukut Polisi

Awalnya kolam budidaya ikan lele berjumlah satu. Namun dengan semakin berkembangnya kegiatan ini, kini telah ada sembilan kolam yang mampu menampung total 36.000 ikan. “Hasil panen sebagian besar didistribusikan kepada warga sekitar Desa Gagaksipat,” katanya.

Diungkapkan, meskipun pandemi Covid-19 telah berlalu, namun budidaya lele tetap eksis dan masih berjalan hingga saat ini. Bahkan, dukungan aktif muncul dari warga sekitar. Terobosan kreatif ini turut memberikan dampak positif pada ketahanan pangan masyarakat.

“Selain itu, juga juga memperkuat sinergi antara kepolisian, pemerintah desa, dan masyarakat dalam menjawab tantangan sosial ekonomi di tengah-tengah mereka,” katanya.

Kapolsek Ngemplak, Iptu Widarto, sangat mendukung terobosan kreatif yang dilakukan oleh anggotannya dalam mengangkat ketahanan pangan sekaligus bisa membantu masyarakat lingkungan. Upaya itu sangat bermanfaat dalam membantu komunikasi masyarakat dengan petugas polri dalam membina situasi kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu 2024.

Baca Juga :  Kolaborasi TNI-Polri dan Warga Boyolali Sukses Amankan dan Bersihkan Jalur Penyambutan Jokowi

“Polsek Ngemplak berencana dalam waktu dekat akan menggelar kegiatan membagikan hasil panen ikan lele kepada warga masyarakat,” katanya. Waskita