Beranda Daerah Solo Buka Liga Solo Divisi 2, Respati-Astrid: ‘Ini Bangkitkan Sport Tourism!’

Buka Liga Solo Divisi 2, Respati-Astrid: ‘Ini Bangkitkan Sport Tourism!’

Respati Ardi yang didampingi Astrid Widayani saat membuka secara resmi Basket Liga Solo Divisi 2 di Gor Sritex Aren, Sabtu (19/10/2024). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — “Dengan mengucap “Bismillahirrohmanirrohim, dengan ini Liga Solo Divisi 2 Resmi Dibuka,” kata Respati Ardi yang didampingi Astrid Widayani saat membuka secara resmi Basket Liga Solo Divisi 2 di Gor Sritex Aren, Sabtu (19/10/2024).

Turnamen basket antar SMA/SMK dilaksanakan mulai 19 – 27 Oktober 2024 diikuti oleh 33 Tim Putra dan 18 Tim Putri dari SMA/SMK Se-Soloraya yang akan bersaing untuk meraih gelar juara serta empat tim terbaik memperebutkan jatah promosi untuk Liga Solo Divisi Utama tahun depan.

Sejumlah sekolah yang turut bertanding di Liga Solo Divisi 2 antara lain SMKN 2, SMKN 9, SMAN 3. SMAN 5, SMKN 7, SMKN 6, SMAN 3, SMAN 8, ABBS, Al Islam 1, St Yosef hingga SMA Muhammadiyah 1 Solo. Sedangkan dari luar Kota Solo yaitu SMKN 1 Karanganyar, SMAN Kebakkramat, SMA Muhammadiyah 1 Klaten, dan SMAN Colomadu.

“Ya, ini salah satu event yang bisa membangkitkan sport tourism seperti ini. Tadi kita lihat pesertanya tidak hanya dari Solo dari kabupaten sekitar juga. Dan tentunya itu bisa membantu peningkatan ekonomi di Kota Solo, UMKM tambah ramai dan yang terpenting pendidikan atlet sejak dini dan menghidupkan kompetisi antar masyarakat hal yang positif,” jelas Respati.

Baca Juga :  Respati Langsung Pasangi CCTV Saat Warga Jebres Keluhkan Motor Hilang 3

Respati juga mengatakan tentang program pembibitan basket anak muda dan bagi yang berbakat akan diajukan masuk klub basket Satria Bengawan Solo.

“Kita kan ada program pembibitan basket dari anak muda, dari SMA. Alhamdulillah Solo punya klub basket, dan itu nanti kita komunikasi dengan klub basketnya kalau memang mereka mainnya bagus berbakat mungkin kita sodorkan pemain Solo, untuk wajib digunakan klub basket Satria Bengawan Solo,” lanjut Respati Ardi.

Tak hanya basket saja, Respati mengatakan di Kota Solo banyak klub-klub olahraga dari mulai sepakbola, bulutangkis hingga klub tenis.

“Kalau klub di sini paling banyak sepakbola, basket, klub-klub lainnya ada bulutangkis, klub tenis. Kemarin yang paling dekat atlet muda Popda cabang renang itu juga kita suport penuh. Jangan sampai mereka sudah berlatih susah payah, tidak bisa memberangkatkan karena gak ada anggaran. Tentunya ke depan butuh wali kota yang kreatif untuk mensuport anak-anak muda di bidang olahraga,” lanjut Respati menjelaskan

Selain pertandingan bola basket, Liga Solo Divisi 2 juga akan digelar berbagai kegiatan yang dari Dance Competition, Best Supporter dan ada terdapat stand UMKM.

Tujuan dari turnamen basket tersebut sebagai wadah bagi para pemain muda untuk menunjukkan bakat serta sebagai pencarian bibit potensial pemain muda basket di Kota Solo. Liga Solo 2 merupakan kesempatan bagi para pemain muda untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam bertanding dan bersaing secara sportif.

Baca Juga :  Didukung Ikatan Motor Besar Indonesia, Respati Siap Dorong Solo Menjadi Kota Otomotif

Harapannya dengan adanya Liga Solo Divisi 2, dapat menarik banyak penonton dan supporter untuk mendukung sekolah yang sedang bertanding serta memajukan basket di Kota Solo.

Sedangkan untuk menyaksikan Liga Solo Divisi 2, tiket bisa dibeli secara langsung di lokasi (on the spot), tepatnya di depan pintu masuk Gor Sritex Arena. Prihatsari