Beranda Umum Nasional Tak Satu Pun Kadernya di Kabinet, PDIP Tetap Dukung Pemerintahan Prabowo di...

Tak Satu Pun Kadernya di Kabinet, PDIP Tetap Dukung Pemerintahan Prabowo di Perlemen

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai Sidang Terbuka promosi doktor di Balai Sidang Kamlus Universitas Indonesia, Depok, Jumat (18/10/2024) | tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM PDI Perjuangan (PDIP) tidak menempatkan kadernya di kabinet Prabowo. Namun, posisinya juga tidak lantas menjadi oposisi, karena partai berlambang banteng moncong putih tersebut akan memberikan dukungan di Parlemen.

Politikus PDIP, Deddy Yevri Hanteru Sitorus mengatakan,  dukungan mereka terhadap pemerintahan Prabowo dengan cara yang berbeda dari biasanya, yaitu melalui parlemen dan kontribusi dalam bentuk pandangan serta masukan konstruktif.

“Dukungan itu tidak harus dilakukan dengan menjadi anggota kabinet, tetapi dengan memberikan kontribusi melalui pandangan, masukan yang konstruktif,” ujar Deddy dalam sebuah pernyataan tertulis, Minggu (20/10/2024).

Pernyataan Deddy tersebut sejalan dengan sikap yang disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Menurut Puan, PDIP akan mendukung pemerintahan Prabowo di parlemen meski tidak menempatkan kader di kabinet.

“Kami akan mendukung pemerintahan Pak Prabowo di parlemen, namun tidak menempatkan kader di kabinet. Kami juga akan terus mendukung pemerintahan Pak Prabowo untuk membangun Indonesia,” kata Puan setelah pelantikan presiden dan wakil presiden di kompleks parlemen Senayan, Jakarta.

Baca Juga :  Hadiri Pelantikan Prabowo, Keluarga Jokowi  Diteriaki “Huuuu…!” oleh Peserta Sidang Paripurna MPR

Selain itu, Puan juga menambahkan bahwa dukungan itu akan dijelaskan lebih lanjut dalam pengumuman resmi oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Hal tersebut sekaligus menegaskan bahwa PDIP tetap mengambil sikap mendukung meskipun tidak menempatkan kader di jajaran kabinet. Dalam pandangan Puan, bekerja sama dan mendukung pemerintahan tidak harus selalu melalui posisi di kabinet.

Bukan Oposisi

Sikap PDIP yang tetap mendukung pemerintah di parlemen tanpa menempatkan kader di kabinet ditegaskan juga oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani. Ia menyatakan bahwa absennya kader PDIP di kabinet tidak serta-merta menjadikan partai tersebut sebagai oposisi.

“Betul PDIP tidak akan menaruh kadernya dalam kabinet. Tapi bagi PDIP itu tidak berarti oposisi. PDIP itu tidak mengenal oposisi, tapi juga tidak mengenal koalisi,” ujar Muzani pada Minggu (20/10/2024).

Baca Juga :  Anggap Yusril Tak Punya Empati, Usman Hamid: Abaikan Fakta dan Hukum Soal Tragedi 1998

Muzani menjelaskan bahwa PDIP tetap menunjukkan dukungan dengan kehadiran 110 anggota DPR dari partai tersebut dalam sidang paripurna pelantikan Prabowo dan Gibran.

www.tempo.co