Beranda Daerah Solo Peringati Hari Pangan Sedunia, SD Marsudirini Surakarta Gelar Ibadat dan Aksi Berbagi

Peringati Hari Pangan Sedunia, SD Marsudirini Surakarta Gelar Ibadat dan Aksi Berbagi

Sejumlah murid SD Marsudirini Surakarta memberikan bantuan Sembako ke penarik becak dan Supeltas. Aksi tersebut dilakukan sebagai rangkaian peringatan Hari Pangan Sedunia | Foto: Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM SD Marsudirini Surakarta memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) 2024 dengan serangkaian kegiatan sosial dan edukatif yang melibatkan seluruh komunitas sekolah.

Dengan mengusung tema “Penuhi Hak Pangan untuk Hidup Masa Depan yang Lebih Baik”, sekolah menggelar berbagai aktivitas sejak awal bulan Oktober sebagai bentuk kepedulian terhadap pemenuhan kebutuhan pangan yang merupakan hak dasar setiap manusia.

Adapun puncak peringatan HPS di SD Marsudirini diisi dengan ibadat yang berlangsung pada Jumat (18/10/2024). Dalam ibadat tersebut, salah satu guru SD Marsudirini,  Martha, yang juga selaku Prodiakon, membawakan renungan dari Injil Yohanes 6:1-14 tentang “Lima Roti dan Dua Ikan”.

Dalam renungannya, Martha mengingatkan para siswa untuk tidak menyia-nyiakan makanan dan makan secukupnya, karena membuang makanan sama dengan mengambil hak makan orang lain. Ia juga mengajak anak-anak untuk mengenal dan mencintai makanan hasil pertanian lokal seperti “Krowotan”, yang kini mulai jarang dikenal oleh generasi muda.

Baca Juga :  MilkLife Soccer Challenge Solo Seri 2 2024 Makin Diminati, Ratusan Siswi Ikuti Turnamen

Selain itu, ibadat tersebut juga diwarnai dengan penyerahan Sembako yang sebelumnya telah dikumpulkan oleh para siswa dan orang tua murid. Berbagai hasil pertanian dan Sembako yang terkumpul ditampilkan dan akan didistribusikan kepada pihak yang membutuhkan seperti abang becak, supeltas, dan tukang parkir.

Setelah ibadat, para siswa diajak untuk makan bersama dengan menu sederhana yang telah mereka bawa dari rumah, terdiri dari nasi, lauk, sayur, dan buah.

Sebagaimana dijelaskan dalam rilis ke Joglosemarnews, kegiatan itu berlanjut pada Sabtu (19/10/2024), di mana Sembako yang telah dikumpulkan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kepala sekolah, Yupirtus Suratno, S.Pd memberikan pesan kepada para siswa agar kegiatan berbagi tersebut menjadi pembelajaran yang berharga untuk membentuk karakter yang peduli terhadap sesama.

Sejumlah siswa yang mewakili turut serta dalam penyerahan Sembako didampingi para guru. Mereka merasa senang bisa ikut serta dalam kegiatan berbagi ini, yang diharapkan dapat menjadi bekal nilai kehidupan yang baik bagi mereka di masa depan.

Baca Juga :  Benchmark Akselerasi Digital: UMS Siapkan Strategi Pendidikan di Era Disrupsi

Dengan rangkaian kegiatan tersebut, SD Marsudirini berharap dapat terus menanamkan nilai-nilai kepedulian, kebersamaan, dan penghargaan terhadap pangan kepada para siswanya.  Suhamdani