JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Cara Mambuat Tiwul Wonogiri Yang Pulen dan Bikin Ketagihan

Tiwul Wonogiri yang telah dikemas secara instan. JSNews/Aris Arianto
Tiwul Wonogiri yang telah dikemas secara instan. JSNews/Aris Arianto

WONOGIRI-Wonogiri sudah sejak lama diidentikkan dengan gaplek atau tiwul. Pasalnya daerah ujung tenggara Provinsi Jateng itu memiliki potensi gaplek dari bahan baku singkong melimpah.

Berbicara soal tiwul, Wonogiri memiliki cita rasa tersendiri yang berbeda ketimbang daerah lainnya, seperti Gunung Kidul (DIY), maupun Pacitan (Jatim). Tiwul Wonogiri disebut-sebut pulen dan bisa membuat penyantapnya ketagihan. Tak jarang menu tiwul menjadi buruan para penikmat kuliner.

Baca Juga :  Begini Cara dan Permasalahan dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kasus HIV/AIDS di Wonogiri

Tapi apakah anda tahu, bagaimana cara membuat tiwul? Ikuti ulasan ini. Tiwul, berasal dari singkong atau ketela pohon. Cara membuatnya, singkong yang masih segar dan baik kondisinya dikupas kemudian dikeringkan. Singkong kering ini kemudian disebut sebagai gaplek. Selanjutnya, gaplek ditumbuk untuk dijadikan tepung.

Baca Juga :  APBD Wonogiri 2022 Defisit 98 Miliar, RAPBD Akhirnya Disahkan Jadi Perda APBD

Oleh masyarakat Wonogiri tepung gaplek dinamakan kabluk. Setelah terkumpul kabluk ditampi dan diayak di atas tampah bambu guna mendapatkan tepung yang benar–benar halus.

“Selanjutnya diberi air kemudian diguyeng/diuleni hingga menjadi bulir–bulir kecil tiwul” tutur Sakiyen warga Kecamatan Baturetno, ,Minggu (11/2/2018).

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua