JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Longsor Sendang Wonogiri, Terkena Timbunan Tanah Atmo Merugi Puluhan Juta

TNI dan warga membersihkan material longsor di Desa Sendang, Selasa (13/2/2018).
TNI dan warga membersihkan material longsor di Desa Sendang, Selasa (13/2/2018).

WONOGIRI-Hujan deras yang terjadi hampir setiap hari mengguyur wilayah Kabupaten Wonogiri dan sekitarnya mengakibatkan bencana tanah longsor di beberapa wilayah. Di antaranya di Dusun Kedung Areng Desa Sendang Kecamatan Wonogiri.

Salah satunya tebing yang berada di belakang rumah Atmo longsor setinggi 10 meter dan lebar 15 meter. Material longsor menimpa kamar mandi.

Serda Sunarno Babinsa Sendang dan Kadus Kedung Areng, Ari Bagas, langsung mengecek lokasi kejadian. Mereka juga menyarankan pemilik rumah supaya mengusi ke tempat yang lebih aman, untuk menghindari longsor susulan. Terlebih situasi masih hujan deras.

Baca Juga :  Dari Layanan KB Gratis di Puskesmas Giriwoyo 1 dan 2 Wonogiri Sukses Jaring 32 Akseptor, ini Perinciannya

“Tanah longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, sedangkan kerugian materiil ditaksir kurang lebih Rp 30 juta,” kata Ari, Selasa (13/2/2018).

Anggota Koramil Wonogiri bersama perangkat Desa Sedang dan warga sekitar telah melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan material longsor. Mereka juga membuat patok pengaman serta membuat bangketan dari karung yang diisi dengan tanah untuk menahan tebing tidak longsor kembali.

Baca Juga :  Josss Naik Motor Neo Klasik Kawasaki Estrella 250 CC, Harjo Kendarai Mobil Honda CRV Hitam, Datang ke KPU Ikuti Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Wonogiri 2020

Danramil Wonogiri Kapten Inf Ismail, melalui Serda Sunarno menyampaikan, agar warga selalu berhati-hati dan waspada. Karena belakangan intensitas hujan sangat tinggi hampir terjadi setiap hari yang memungkinkan terjadi bencana alam tanah longsor. Juga mengimbau warga untuk terus memantau lingkungannya yang rentan longsor. Aris Arianto