JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Mau Lulus Ujian SIM. Simak 12 Tips Dari Kapolres Sragen Berikut Ini!

Salah satu petugas pemandu ujian praktik SIM di Polres Sragen, Brigadir Andy saat memeragakan ujian praktik melewati rintangan dengan satu tangan di halaman Mapolres Sragen. Foto/JSnews
ย ย ย 
Salah satu petugas pemandu ujian praktik SIM di Polres Sragen, Brigadir Andy saat memeragakan ujian praktik melewati rintangan dengan satu tangan di halaman Mapolres Sragen. Foto/JSnews

SRAGEN– Ujian mengurus surat ijin mengemudi (SIM) memang gampang-gampang susah. Gampang karena memang ada yang bisa lulus, ย susah lantaran dari pendaftar yang mengurus, faktanya yang bisa lulus pun persentasenya sangat kecil.

Namun sebenarnya ujian SIM sama halnya dengan ujian-ujian pada umumnya. Ada kiat tertentu yang perlu dipahami dan dilatih agar bisa lulus.

Untuk diketahui, agar bisa mendapatkan SIM, ย pemohon memang harus terlebih dahulu bisa lulus dua tahap ujian. Yakni ujian teori dan tertulis.

Ujian teori lebih banyak berisi tentang teori soal rambu lalu lintas, ย opsi bagaimana reaksi ketika menghadapi situasi di jalan raya dan lain sebagainya. Sedangkan ujian praktik lebih pada praktik bagaimana mengendarai motor melewati rintangan di zona khusus yang sudah disiapkan mulai dari track lurus, angka 8, letter U hingga bermotor zig zag tanpa menjatuhkan balok pembatas.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Meski bagi sebagian masyarakat, ย ujian itu dirasa sulit, ย namun Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman membagikan 12 tips untuk bisa lulus dua ujian SIM tersebut.

Berikut tipsnya:

UJIAN TEORI:

1. Persiapkan diri dengan baik utamanya kesehatan

2. Pelajari rambu-rambu dan petunjuk lalu lintas

3. Pahami rambu-rambu lalu lintas yang sering ditemui di jalan raya. Pahami artinya

4. Cermati setiap soal dengan seksama, pahami maksud petunjuknya sebelum memutuskan jawaban

Baca Juga :  Harga Gas LPG 3 Kg di Sragen Naik Ugal Ugalan Per Tabung Tembus Rp 30000 Warga: Sudah Terjadi 1 Minggu Sebelum Lebaran Idul Fitri

5. Fokus dalam mengerjakan

6. Percaya diri dengan jawaban sendiri

UJIAN PRAKTIK:

1. Persiapkan diri dengan baik, pastikan kesehatan dan mental dalam kondisi bagus

2. Perhatikan petunjuk dari petugas pemandu praktik

3. Kendarai motor dalam kondisi tenang dan tidak panik

4. Jaga kecepatan. Usahakan dalam posisi kecepatan stabil

5. Percaya diri dan yakin bisa

6. Jika masih ragu, ย silakan berlatih di tempat ujian praktik SIM di halaman Kantor Pelayanan SIM Polres Sragen sampai benar-benar bisa terampil dan siap ujian.

Berikut tadi tips mengikuti ujian SIM dari Kapolres Sragen. Selamat mencoba. Wardoyo

 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com