loading...
Loading...
Facebook/ustadzabdulsomad

Dalam beberapa tahun terakhir di Youtube banyak video yang berisi tausiah dari ustadz Abdul Somad. Walaupun ustad ini jarang muncul di televise namun jutaan orang telah menyimak ceramahnya di Youtube.

Ustad lulusan S2 Al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko  ini   berwawasan luas mengenai al-Qur’an dan Ulumul Qur’an Hadis dan ulumul hadis, Fiqh dan Ushul Fiqh.

Kajian-kajian Ustad Abdul Somad selalu tajam dan menarik sehingga membuat banyak orang suka dengan tausiahnya. Bahkan pengajiannya pun juga banyak yang menjadi viral di media sosial.

Ulasan yang cerdas dan lugas, ditambah lagi dengan keahlian dalam merangkai kata yang menjadi sebuah retorika dakwah, membuat ceramah Ustadz Abdul Somad begitu mudah dicerna dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat.

Dan bahkan bukan itu saja, ceramah Ustadz Abdul Somad juga banyak yang membahas mengenai masalah-masalah kekinian, nasionalisme dan berbagai masalah yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat.

Demikian halnya selain di dunia nyata, ternyata di dunia maya pun nama Ustadz Abdul Somad ini juga mulai  dicari banyak orang.

Baca Juga :  Seminar Moderasi Islam di UII, Peserta Sangat Antusias Sambut Ustadz Abdul Somad (UAS)

Pada suatu waktu Ustad Abdul Somad menangis terharu sampai suaranya tidak bisa keluar.

Penyebabnya, ia tidak menyangka disuruh berceramah di depan para habaib di Pontianak.

Habaib adalah ulama-ulama yang memiliki garis darah keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW.

“Siapalah saya ini sampai harus menceramahi para habaib, keluarga Nabi yang datang jauh-jauh dari Hadramaut Yaman yang menyebarkan syiar Islam di Nusantara,” ujarnya terisak.

Ceramah-ceramahnya yang banyak diunggah di youtube sangat digemari. Sosoknya yang tegas dan blak-blakan saat menyampaikan ceramah tampaknya mengundang banyak simpati.

Seiring dengan kepopulerannya, Abdul Somad juga penuh kontroversi. Beberapa kali agenda ceramahnya ditolak dengan bebabagai alasan.

Namun hal ini justru semakin banyak yang penasaran tentang sosok  yang disebut-sebut mewarisi kharisma Buya Hamka ini.

Ustadz Abdul Somad ketika masih muda. Foto: Tribunnews

Berikut ini biodata Ustad Abdul Somad

Nama Lengkap : H. Abdul Somad, Lc., MA.

Kelahiran: Pekanbaru, Riau, Rabu petang tanggal 30 Jamada al-Ula 1314 Hijrah, bertepatan dengan 18 Mei 1977

Pendidikan:

SD al-Washliyah, tamat 1990

Mts Mu’allimin al-Washliyah Medan, tamat 1993

Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu, tamat 1996

Baca Juga :  Seminar Moderasi Islam di UII, Peserta Sangat Antusias Sambut Ustadz Abdul Somad (UAS)

S1 Al-Azhar, Mesir.

S2 Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko

Pengabdian:

– Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

– Dosen Tafsir dan Hadits di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau.

– Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru.

– Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian Periode : 2009 – 2014.

– Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan, Periode : 2009 – 2014.

– Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau, Periode : 2009 – 2014.

Karya Ilmiah

– Perbuatan Maksiat Penyebab Kerusakan Rumah Tangga (Judul Asli: Al-Ma’ashi Tu’addi ila Al-Faqri wa Kharab Al-Buyut), Penulis: Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, Maret 2008.

– 55 Nasihat Perkawinan Untuk Perempuan, (Judul Asli : 55 Nashihat li al-banat qabla az-zawaj), Penulis: DR. Akram Thal’at, Dar at-Ta’if, Cairo. Diterbitkan oleh Penerbit Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, April-2004.

– 101 Kisah Orang-Orang Yang Dikabulkan Doanya (Judul Asli: 101 Qishash wa Qishah li Alladzina Istajaba Allah Lahum Ad-Du’a’, Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Azzam – Jakarta, Desember 2004.

Baca Juga :  Seminar Moderasi Islam di UII, Peserta Sangat Antusias Sambut Ustadz Abdul Somad (UAS)

– 30 Orang Dijamin Masuk Surga (Judul Asli: 30 al-mubasysyarun bi al-jannah), DR.Mustafa Murad, Dar al-Fajr li at-Turats,Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Juli-2004.

– 15 Sebab Dicabutnya Berkah (Judul Asli: 15 sabab min asbab naz’ al-barakah), Penulis: Abu Al-Hamd Abdul Fadhil, Dar ar-Raudhah-Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Agustus-2004.

– Indahnya Seks Setelah Menikah (Judul Asli : Syahr al-‘asal bi la khajal), DR. Aiman Al-Husaini, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif, Jakarta, September 2004.

– Beberapa Kekeliruan Memahami Pernikahan (Judul Asli: Akhta’ fi mafhum az-zawaj, Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif- Jakarta, September 2004.

– Sejarah Agama Yahudi (Judul Asli: Tarikh ad-Diyanah al-Yahudiyyah), diterbitkan oleh Pustaka al-Kautsar, Jakarta, Desember 2009

Beberapa Buku karyanya

–  37 masalah Populer

– 99 tanya jawab shalat

-33 tanya jawab seputar qurban

– 30 Fatwa Ramadhan.

 

Loading...