loading...
Loading...

 

PT Kalbe Farma dikunjungi 250 anak-anak sekolah dasar negeri dan swasta di Jakarta dan sekitarnya Kamis, 22 Maret 2018. Foto: Tempo.co

JAKARTA – Pada tahun 2018 ini, PT Kalbe Farma Tbk kembali menggelar program Kalbe Junior Scientist Award (KJSA). KJSA merupakan program penghargaan kepada karya sains terbaik untuk siswa-siswi tingkat sekolah dasar (SD) di Indonesia. Peluncuran KJSA 2018 diselenggarakan dengan mengajak sekitar 250 murid sekolah dasar se-Jabodetabek untuk belajar dan saling berbagi pengetahuan melalui kunjungan ke lima pabrik Grup Kalbe, di Cikarang, Cikampek, dan Sukabumi.

Direktur Manufaktur PT Kalbe Pre Agusta mengatakan, KJSA merupakan bagian dari komitmen Kalbe untuk berkontribusi bagi perkembangan sains di Indonesia, khususnya pada anak-anak. “Melalui lomba karya sains ini, kami mendorong anak-anak mampu berpikir kreatif dan memecahkan masalah di sekitarnya melalui pendekatan sains. Kita meyakini kreativitas adalah akar dari inovasi,” ujarnya.

Baca Juga :  Sah! Komisi III DPR Pilih Firli Bahuri Sebagai Ketua KPK Periode 2019-2023

Sementara peluncuran program dengan kunjungan ke Pabrik Grup Kalbe adalah agar anak-anak bisa melihat langsung proses produksi. “Kami berharap hal itu dapat merangsang kreativitas anak-anak dalam menghasilkan karya sains,” kata Pre.

Sejak pertama diselenggarakan pada 2011, minat untuk menjadi peserta terus meningkat.

  • Tahun 2015, tercatat sebanyak 811 karya yang masuk mengikuti lomba.
  • Lalu, pada 2016 bertambah menjadi 917 karya.
  • Pada 2017, jumlah karya yang masuk tercatat 1.103 dari 26 provinsi di seluruh Indonesia.
Baca Juga :  Saut Situmorang Mundur dari Pimpinan KPK, Ini Surat Pamitnya

Pada penyelenggaraan kali ini, menurut Ketua Panitia KJSA 2018, Medianto Henky Saputra, Kalbe berusaha memperluas jaringan sosialisasi, baik ke internal Kalbe maupun eksternal stakeholder. Pihak eksternal, di antaranya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah daerah, sekolah-sekolah dasar, klub sains, serta berbagai lembaga swadaya masyarakat bidang pendidikan anak.

“Tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali memberikan tambahan beasiswa pendidikan dan sertifikat bagi para pemenang KJSA 2018,” ucapnya.

Dewan Juri KJSA 2018 adalah L.T. Handoko (Deputi Kepala Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Gusmayadi Muharmansyah (Kepala Subdirektorat Peserta Didik, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), Novriana Sumarti (Matematikawan, Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung), Nurul Taufiqu Rohman (Kepala Pusat Inovasi LIPI), Tjut Rifameutia Umar Ali (Dekan Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia).

Baca Juga :  Saut Situmorang Cuti, Tsani Tegaskan Sudah Mundur dari KPK

Lomba ini terbuka bagi siswa-siswi kelas 3-5 SD pada saat mendaftar atau kelas 4-6 SD pada September 2018. Sosialisasi dan pendaftaran peserta program KJSA dimulai 22 Maret sampai dengan 27 Juli 2018. Berkas pendaftaran dapat diunduh di www.kalbe-kjsa.com.

www.tempo.co

Loading...