JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Fokus Petani Berlahan Kecil, Penyaluran KUR BRI Sragen Tembus Rp 61 M Hanya Tempo 2 Bulan 

Pimpinan Cabang BRI Sragen, Andika Sibarani saat membacakan sambutan dalam kegiatan Penarikan Undian Panen Hadiah Simpedes Semester I 2018, Rabu (21/3/2018). Foto/Wardoyo
Pimpinan Cabang BRI Sragen, Andika Sibarani saat membacakan sambutan dalam kegiatan Penarikan Undian Panen Hadiah Simpedes Semester I 2018, Rabu (21/3/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN- Manajemen Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Sragen terus menggenjot realisasi program kredit lunak untuk kalangan petani berlahan kecil melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dengan digencarkan ekspansi dan sosialisasi, penyaluran KUR dengan bunga hanya 0,7 persen pertahun itu terbukti mampu mendongkrak pencapaian penyaluran yang dalam 2,5 bulan di awal 2018 ini sudah menembus angka Rp 61,8 miliar.

Hal itu terungkap saat digelar program penarikan Undian Panen Hadiah Simpedes BRI periode semester I Tahun 2018 di Sragen, Rabu (21/3/2018. Pimpinan Cabang BRI Sragen, Andika Sibarani mengungkapkan tahun 2018 ini, salah satu konsentrasi BRI Sragen memang menggenjot KUR terutama untuk petani yang sudah punya kartu tani dengan luasan lahan 0,3 hektare.

Petani berlahan kecil itu menjadi fokus sasaran lantaran dari database yang ada, mereka mendominasi hampir 75 persen dari total petani pemilik kartu tani yang ada di Sragen. Kredit yang disalurkan untuk petani kelas itu berkisar antara Rp 10-15 juta.

Baca Juga :  Ditagih Utang Rp 106 Juta Malah Nantang, Bos Laundry di Sragen Dilaporkan Polisi. Korban Ogah Dicicil 47 Tahun

“Untuk tahun ini kami memang konsen ke pemberian KUR bagi petani khususnya pemilik lahan 0,3 hektare. Meskipun petani dengan luasan di atas itu juga dilayani. Untuk program Kupedes selama ini juga sudah kita berikan kepada petani yang sudah naik kelas dari KUR dan menerima satu dua kali diperpanjang,” paparnya di sela kegiatan Panen Hadiah Simpedes, Rabu (21/3/2018).

Advertisement

Andika menguraikan untuk tahun 2018 ini, target realisasi KUR di BRI Sragen dipatok sekitar Rp 350 miliar atau sekitar Rp 60 miliar perbulan. Dari grafik pencapaian di dua bulan awal, menurutnya sudah menunjukkan tren positif. Ia menggambarkan dari kurun akhir Desember 2017 hingga pertengahan Maret 2018 atau 2,5 bulan, penyaluran kredit Kupedes dan KUR sudah mencapai Rp 61,8 miliar.

Baca Juga :  Kebakaran Rumah di Plupuh Sragen Saat Hujan Deras Melanda. Api Berkobar Saat Mbah Parinem Sedang Salat

Selain fokus ke petani kecil, pencapaian itu tak lepas dari gencarnya sosialisasi yang dilakukan BRI Unit dan tim ke lapangan, termasuk lewat sosialisasi ke petani di setiap pertemuan di kios pupuk lengkap di wilayah-wilayah.

“Kita memang harus lebih agresif. Apalagi kita juga punya database petani pemilik kartu tani dan yang belum dari Dinas Pertanian. Yang belum punya kartu tani pun juga jadi sasaran ekspansi kita. Karena dari Direksi memang minta untuk membuat target market dan kita kejar. Makanya kami optimis target Rp 350 miliar setahun, akan bisa terealisasi,” jelasnya.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua