JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Liga 1 Segera Dimulai, Ini Jadwal Pertandingannya

Tribunnews
Tribunnews

Jakarta — Liga 1 2018 akan dimulai pada Jumat, 23 Maret 2018. Pertandingan perdana akan mempertemukan juara bertahan Bhayangkara FC dan Persija Jakarta. Pertandingan ini menjadi laga pembukaan sekaligus menandai dimulainya musim 2018.

“Startnya tanggal 23 Maret 2018. Diawali pertandingan pertama itu Bhayangkara FC versus Persija Jakarta dan akan berakhir 9 Desember 2018,” ujar Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Berlinton Siahaan seusai manager meeting di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Maret 2018.

Berlinton mengatakan launching resmi Liga 1 akan dilaksanakan pada Senin, 19 Maret 2018. Launching itu sekaligus akan mengumumkan partner komersial yang mendukung penyelenggaraan Liga 1 Indonesia.

Baca Juga :  Indonesia Dinilai Tak Aman karena Pandemi Covid-19, Timnas U-16 Pilih Jalani Pemusatan Latihan di Luar Negeri

Hampir tak ada perubahan mendasar dari regulasi Liga 1 pada musim 2018. Jumlah uang kontribusi dari PT LIB untuk klub pun tak berubah, yakni Rp 7,5 miliar. Namun akan ada perubahan penyaluran dana kontribusi itu.

“Yang akan kami bagikan secara langsung itu Rp 5 miliar dan sisanya Rp 2,5 miliar akan dibesarkan dengan ada penyempurnaan dari PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) untuk pengembangan usia muda dan juga untuk lisensi,” kata Berlinton.

Selain itu, aturan marquee player, yang sebelumnya diterapkan pada musim 2017, akan dihapus. Dengan adanya perubahan ini, jumlah pemain asing yang bisa bermain di tiap klub sebanyak empat orang. Tiga pemain dari luar negeri non-Asia dan satu pemain dari Asia.

Baca Juga :  Jadi Maling Spesialis Ponsel Kuli Bangunan, 2 Pria Ini Dibekuk Polisi

Dari draf awal yang beredar, berikut ini jadwal pekan pertama Liga 1 2018.

Jumat, 23 Maret 2018
Bhayangkara FC vs Persija Jakarta
Sabtu, 24 Maret 2018
Bali United vs PSMS Medan
Arema FC vs Mitra Kukar
Persebaya Surabaya vs Perseru Serui

Minggu, 25 Maret 2018
PSM Makassar vs PSIS Semarang
Persipura Jayapura vs Persela Lamongan
Persib Bandung vs PS TIRA
Madura United vs PS Barito Putera
Borneo FC vs Sriwijaya FC

www.tempo.co