JOGLOSEMARNEWS.COM Sosok

Uswatun Hasanah, Sang Doktor 3 In 1

Doktor Uswatun Hasanah
Doktor Uswatun Hasanah

WONOGIRI-Sudah jadi seorang doktor, bekerja sebagai pendidik juga kepala sekolah, selain itu sangat mahir menulis dan menyanyi. Tiga profesi sekaligus ini disandang oleh seorang perempuan cantik bernama Uswatun Hasanah.

Perempuan berhijab yang lebih akrab disapa Uus itu mengaku mengalami sendiri kondisi tersebut. Uus memang memiliki tiga profesi berbeda, yakni pendidik, penulis buku, dan penyanyi. Uus yang pada 30 Juli 1976 itu mengaku sangat enjoy melakoninya.

Lantas, apakah ketiganya tidak saling bergesekan? Apakah tugas mengajar menjadi terganggu ketika tawaran manggung sebagai penyanyi berdatangan, misalnya?. Lagi-lagi, Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia menjawab penuh kemantaban, tidak.

“Yang penting profesional, prosedural, dan proporsional. Tidak saling mengganggu, bahkan sebaliknya, saling mendukung,” kata Kepala SMA N Sidoharjo, Wonogiri ini, Minggu (25/3/2018).

Dia menerangkan, menjadi penulis sangat membantu dirinya mengembangkan kemampuan dalam mengajar. Dengan menulis, intelektual menjadi terasah, sehingga memperlancar proses penyampaian materi kepada siswa.

Lantas melalui menyanyi, apa yang didapat?

“Dengan menyanyi, kita bisa mengaktualisasikan diri, mengasah kepekaan, juga mampu berkomunikasi dalam bentuk berbeda dengan orang lain, berbicara tapi berirama,” tutur pencipta mars adiwiyata nasional, pengisi acara campursari TVRI 7 tahun berturut-turut (2001-2007), serta juara vokal keroncong dan campursari tingkat provinsi tersebut.

Sinergisitas antara profesi pendidik, penyanyi dan penulis buku telah membuktikan perempuan yang kini mengabdi di SMAN Purwantoro Wonogiri ini berhasil meraih segudang prestasi. Sejumlah buku berhasil dipublikasikan, seperti Balada Hidup si Burung Pipit dan Reyog Ponorogo Media Pelestarian Seni dan Budaya Indonesia, maupun kumpulan cerpen

Uus juga menyabet penghargaan bergengsi sebagai pendidik. Sebut saja, guru berprestasi tingkat provinsi Jateng 2015, guru pemandu Bahasa Indonesia hasil seleksi LPMP tahun 2009-2011, dan seabrek prestasi lain. Benar-benar doktor 3 in 1. Aris Arianto