JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ingin Mewarnai Rambut, Simak ini Dulu

pexels.com
pexels.com

Memiliki rambut indah merupakan keinginan yang wajar bagi setiap orang khususnya perempuan. Salah satu usaha untuk memperindah rambut adalah dengan mewarnainya.

Mewarnai atau mengecat rambut dianjurkan dilakukan di salon oleh penata rambut profesional daripada melakukannya sendiri di rumah. Selain untuk menghindari rambut rusak dan kering, biasanya mengecat rambut sendiri di rumah memberikan hasil warna yang tidak sesuai keinginan.

Meski lebih baik ke salon untuk mengecat rambut, Brand General Manager Matrix Indonesia, Amanda Indarwulan menyarankan jangan pergi ke salon tanpa pengetahuan apapun mengenai apa hasil yang diminati, berbagai jenis warna, sampai teknik mengecat rambut. “Orang salon sekarang kerap kali melewatkan konsultasi,” kata Amanda di Jakarta. “Jadi konsumen harus tahu sedikit dengan apa yang mereka inginkan agar tidak salah. Seringkali ke salon malah jadi kelinci percobaan hairdresser.”

Baca Juga :  Disebut Tinggi Kolesterol, Ini Sederet Manfaat Telur Puyuh, Mulai Cegah Penyakit Kronis hingga Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebelum mewarnai rambut, sebaiknya konsultasi dulu dengan pernata rambut tentang warna apa yang diinginkan dan cocok dengan kulitmu, sampai bicarakan proses yang akan dibutuhkan ketika mewarnai rambut. Penata rambut juga harus menjelaskan bagaimana dan berapa lama proses yang akan dibutuhkan.

Baca Juga :  Efek Menahan Pipis, Difungsional Berkemih, Infeksi Hingga Ginjal Rusak

“Sebelum mewarnai rambut, sebaiknya beri tahu penata rambut tentang kondisi rambutmu. Sebelum mewarnai rambut juga tidak perlu keramas,” ujar Matrix Educator, Syamsul Arivin. Sebelum mewarnai rambut, kondisi batang rambut dan kulit kepala harus baik.

Sebab itu, Syamsul melanjutkan, perawatan sebelum mewarnai rambut juga menjadi satu hal yang penting. “Sebaiknya kunjungi penata rambut untuk menganalisa rambut beberapa minggu sebelum mewarnai,” ucapnya. Ketahui juga perawatan apa saja yang diperlukan sebelum mewarnai rambut agar tidak rusak dan kering setelah dicat.

www.tempo.co