JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Simak, Ini Jadwal UN SD 2018 dan Informasi Kisi-Kisi Soalnya!

Ilustrasi siswa SD mengerjakan UN
Ilustrasi siswa SD mengerjakan UN

SRAGEN- Dinas Pendidikan Sragen memastikan sudah siap menggelar Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)  tingkat SD/MI 2017/2018. Pelaksanaan USBN sendiri dijadwalkan mulai tanggal 3-5 Mei 2018 ini.

“Untuk jadwal USBN SD 3-5 Mei sedangkan USBN susulan mulai 7-9 Mei 2018,” papar Kabid Pendidikan Dasar,  Kusmanto belum lama ini.

Untuk penyusunan naskah soal sendiri mengacu pada Prosedur Operasi Standar Penyelanggaraan USBN Tahun 2017/2018 yang dikirim dari pusat.

Baca Juga :  Kampanye Pilkada Sragen, Cabup Yuni Siapkan Konsep Lomba Virtual dan Akan Pilih Cara Santun. "Langsam, Tenang, 9 Desember Menang!"

Ada tiga mata pelajaran (Mapel) dalam USBN untuk tingkat SD/MI, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Kisi-kisi masing-masing mapel dibedah oleh 20 guru. Soal USBN sendiri nantinya terdiri pilihan ganda dan esai dengan waktu 120 menit.

Kusmanto menjelaskan, sebanyak 20% – 25% butir soal USBN disiapkan oleh Kementerian, kecuali untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti disiapkan oleh Kementerian Agama.

Sedangkan sebanyak 75% – 80% butir soal disiapkan oleh guru-guru atau tutor yang dikonsolidasikan Kelompok Kerja Guru (KKG) atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang dikoordinir oleh Dinas Pendidikan Provinsi atau Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya.

Baca Juga :  Mengejutkan, Kebiasaan Nyleneh Predator Pemerkosa Sejumlah Siswi SMP asal Mondokan Sragen. Bukan Karena Video Cabul, Tapi Jadi Bernafsu Karena Sering Mabuk Bensin Campur Cairan Ini!

Untuk kepentingan itu,  sebanyak 60 guru SD yang ditunjuk untuk menjadi tim penyusun soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun 2017/2018, sudah menjalani masa karantina selama lima hari empat malam di Solo. Wardoyo