loading...


Suasana debat terbuka Pilkada Karanganyar, Senin (21/5/2018). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR- Debat publik calon bupati dan wakil bupati Karanganyar yang berlangsung di gedung DPRD Karanganyar, Senin (21/05/2018) berlangsung seru. Kedua pasangan calon, masing-masing Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih, serta pasangan calon bupati dan wakil bupati, Juliyatmono-Rober Christanto, saling serang, terutama pada saat sesi tanya jawab.

Debat yang dimulai sekitar pukul 09.00 Wib tersebut, diawali dengan penyampaian visi dan misi pasangan calon yang diawali oleh pasangan nomer urut satu, Rohadi-Ida. Dengan slogan terwujudnya Karanganyar yang maju, sejahtera dan bermartabat, pasangan yang diusung PKS dan Partai Gerindra ini, menyampaikan tujuh visi misi.

Yakni pembangunan infrastruktur menyeluruh dan berkualitas, perhatian pada petani, pendidikan gratis SD dan SMP, desa kota tumbuh dengan kearifan lokal masing-masing, peningkatan kesehatan dan lingkungan hidup, peningkatan kualitas keagamaan, sosial budaya dan olahraga, serta pemberdayaan perempuan.

Baca Juga :  Jelang HUT Karanganyar, Tim Pejabat Sowan 3 Eks Pemimpin Karanganyar. Ini Yang Disampaikan! 

Disisi lain, pasangan calon bupati dan wakil bupati nomer urut dua, Juliyatmono-Rober Christanto, dengan mengusung semangat Raden Mas Said, menyampaikan  visi berjuang bersama memajukan Karanganyar.

Ada lima program yang ditawarkan pasangan ini, yang meliputi, pembangunan  infrastruktur menyeluruh, pemberdayaan ekonomi kerakyatan, pendidikan dan kesehatan gratis, desa sebagai pusat pertumbuhan, serta peningkatan kualitas keimanan, sosial budaya, pemberdayaan perempuan, pemuda dan olahraga.

Visi misi yang disampaikan kedua pasangan calon, nyaris sama. Karena memang, sebelumnya, kedua pasangan calon ini, merupakan bupati dan wakil bupati Karanganyar.

Pada segmen kedua hingga keenam, masing-masing paslon menjawab pertanyaan dari lima panelis yang seluruhnya berasal dari kalangan akademisi.

Baca Juga :  Wayangan Hari Pahlawan, Ki Jliteng Blak-Blakan Sindir Maraknya Sogokan di Pilkades 

Ketua KPU Karanganyar Sri Handoko Budi Nugroho, kepada wartawan, mengatakan, secara keseluruhan debat publik berlangsung aman dan lancar.

“ Debat berlangsung aman dan lancar. Pendukung kedua pasangan calon dapat menjaga ketertiban selama debat berlangsung. Debat publik ini, hanya dijadwalkan satu kali. Selanjutnya akan dilaksanakan kampanye terbuka pada akhir masa kampanye,” katanya, Senin (21/05/2018).

Ketua Panwaslu Karanganyar Kustawa, ditempat yang sama, mengatakan, selama acara debat publik berlangsung, pihaknya tidak menemukan pelanggaran aturan dan tata cara kampanye.

“ Hal-hal yang berpotensi menimbulkan konflik dalam  penyampaian materi yang mengandung SARA, maupun ujaran yang bertujuan menjatuhkan lawan secara langsung, tidak kita temukan dalam debat publik ini. Karena memang dua hari sebelum berlangsungnya debat, kita telah mengirim surat kepada pasangan calon dan ke media yang menayangkan acara debat ini, agar berhati-hati dan jangan sampai melanggar aturan dan tata cara kempanye,” tegasnya. Wardoyo

Baca Juga :  Geger Temuan Mayat Membusuk di Rumah Kontrakan Perum Colomadu, Karanganyar. Kondisinya Sangat Mengenaskan

 

Loading...