Beranda Umum Nasional Mudik Lebaran Hampir Tiba, Ayo Siapkan Kendaraan Anda

Mudik Lebaran Hampir Tiba, Ayo Siapkan Kendaraan Anda

44
BAGIKAN
Fancycrave

BOGOR- Walaupun mudik lebaran masih sekitar satu bulan lagi, namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Khusus bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya perlu mempersiapkan sejak sekarang.

Pasalnya kendaraan akan dipacu dengan jarak yang cukup jauh. Ada baiknya sebelum berangkat mudik persiapkan performa mobil ke bengkel supaya mobil benar-benar dalam keadaan prima dan sampai ke kampung halaman dengan lancar.

Alan, Kepala Mekanik Bengkel GN Auto Service menjelaskan bahwa mobil yamg akan digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh harus dilakukan pengecekan pada semua bagian seperti tune up, oli mesin, kanvas kopling, rem, radiator, dan kelistrikan mobil. “Tujuannya agar perjalanan lancar dan mobil tidak mengalami masalah,” kata Alan saat dijumpai Tempo di bengkel GN Auto Service di Cileungsi, Bogor, Sabtu, 12 Mei 2018.

Menurut Alan kendala yang paling sering terjadi saat mobil digunakan jarak jauh adalah kanvas kopling habis yang menyebabkan mobil tidak bisa jalan. Masalah yang juga sering muncul adalah air radiator habis sehingga mobil mengalami overheat. Overheat ini bisa diakikan karena kondisi jalan yang macet sehingga temperatur naik dan menyebabkan mobil mogok.

“Kalau mobil semua dalam keadaan normal, seharusnya temperatur masih bisa terjaga. Berarti kipas radiator masih berfungsi dengan baik. Tapi kalau temperatur naik kemungkinan ada yang salah dari kipas radiator, atau mengalami kehabisan air radiator,” ujar Alan.

Masih menurut Alan, akibat yang sering terjadi jika tidak melakukan servis sebelum mudik biasanya mogok di jalan. Kipas radiator tidak berfungsi dengan baik menyebabkan temperatur naik. “Penggantian kipas radiator idealnya adalah setiap 80 ribu kilo meter. Tapi kan kebanyakan orang nunggu mogok baru ganti,”

Baca Juga :  Wakapolri Syafruddin Isi Jabatan Menpan RB Gantikan Asman Abnur

Kanvas kopling yang habis menurut Alan ditandai dengan adanya gejala slip kopling, mobil tidak bertenaga, dan kopling terasa begitu berat dan keras. Gejala seperti ini umumnya ditemukan pada mobil bertransmisi manual. “Kalau sudah menemui tanda itu harus segera dilakukan penggantian kanvas kopling,” ujarnya.

Ia juga memaparkan solusi dalam menangani hal ini harus melalui pola perawatan yang baik. “Seperti melakukan servis sebelum menempuh jarak yang jauh, biasanya juga mekanik bengkel akan melakukan pengecekan seluruh komponen yang dianggap penting untuk diganti apabila sudah tidak layak pakai,” tuturnya.

Alan mengungkapkan bahwa jika ingin nyaman dalam berkendara saat  mudik.  Wajib melakukan servis ke bengkel. “Nanti dua minggu sebelum lebaran diperkirakan bengkel akan penuh, yang biasanya sehari dapat melayani 10 mobil. menjelang persiapan mudik nanti bisa mencapai 20 mobil per hari,” katanya.

www.tempo.co