JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Di Wonogiri Harga Daging Naik Cabai Turun

Transaksi komoditi daging di Pasar Kota Wonogiri
Transaksi komoditi daging di Pasar Kota Wonogiri

WONOGIRI-Sejumlah barang kebutuhan pokok masyarakat mengalami kenaikan harga paska Lebaran tahun ini. Namun demikian ada barang kebutuhan pokok yang justru mengalami penurunan.

Informasi yang berhasil dihimpunJOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (29/6/2018) dari sejumlah pasar tradisional, kenaikan harga berlaku pada jenis daging-dagingan. Baik daging sapi, ayam potong, maupun ayam kampung.

Daging sapi semula dijual Rp110 ribu per kilogram, kini dibanderol Rp115 ribu per kilogram. Sedangkan harga daging ayam kampung menjadi Rp80 ribu, dari awalnya hanya Rp70 ribu per kilogram. Untuk harga daging ayam potong saat ini mencapai Rp42 ribu, sebelumnya dijual Rp40 ribu setiap satu kilogramnya.

Baca Juga :  Jangan Anggap Enteng, Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Wonogiri Sudah Mencapai Angka 252, Kasus Baru Berasal dari Pelaku Perjalanan

Kenaikan harga daging tersebut dipucu permintaannya yang terus meningkat menjelang hingga paska Lebaran. Tak hanya untuk kebutuhan Lebaran seperti menjamu tamu hingga halal bi halal, daging juga banyak dibutuhkan mengingat saat ini musim hajatan.

“Banyak yang punya acara nikahan, sunatan, dan sebagainya. Jadi harga daging naik. Lebaran tahun lalu harga juga naik,” ungkap salah satu pembeli di Pasar Kota Wonogiri, Sumiati.

Baca Juga :  Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Wonogiri 2020, Apa Saja Persiapan Tim Joko Sutopo-Setyo Sukarno Alias Josss dan Hartanto-Joko Purnomo Atau Harjo?

Namun ada juga barang kebutuhan pokok masyarakat yang justru mengalami penurunan, yakni cabai besar teropong dan cabai besar keriting. Semula cabai besar teropong per kilogram dijual Rp20 ribu, namun kini merosot hingga Rp16 ribu. Sementara untuk cabai besar keriting, harganya turun menjadi Rp16 ribu dari awalnya Rp 20 ribu per kilogram.

“Cabai turun mungkin karena sudah banyak yang panen,” sebut salah satu pedagang, Trisni. Aris Arianto