JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kecamatan Sambirejo Juara Festival Bedug 2018. Karangmalang Jadi Tim Terfavorit

Festival Bedug Kabupaten Sragen 2018
   
Festival Bedug Kabupaten Sragen 2018

 

SRAGEN— Tim Kecamatan Sambirejo tampil sebagai juara dalam Festival Bedug 272 Kabupaten Sragen 2018 di Alun-alun Sasana Langen Putro, Kamis (14/6/2018) malam.

Penampilan apik kontingen Sambirejo mengantar mereka meraih nilai terbanyak untuk merengkuh juara. Sementara juara kedua diraih oleh Kecamatan Ngrampal disusul Kecamatan Gemolong di peringkat ketiga.

Kecamatan Karangmalang merebut predikat kecamatan favorit. Salah seorang dewan juri yang juga anggota Dewan Kesenian Kabupaten Sragen, Singgih Honocoroko, mengatakan kriteria penilaian di antaranya adalah tempo maksimal 10 menit termasuk persiapan, teknik variasi pukulan bedug, kefasihan dan pelafalan takbir, kekompakan, sikap, koreografi, dan kerapihan kostum.

Baca Juga :  D’Angkringan,  Kuliner Estetik dengan Pemandangan Sawah di Masaran Sragen  

“Jadi kami juga akan menilai bagaimana tim menampilkan l hiburan, tidak monoton dan menunjukkan kreativitasnya,” kata Singgih.

Selain dari Dewan Kesenian, dewan juri lain berasal dari perwakilan Kementerian Agama dan akademisi dari sekolah seni. Jumlah personil maksimal dalam lomba ini adalah tujuh orang. Formasi umum biasanya terdiri dari tiga orang di memukul bedug, satu orang sebagai vokalis takbir, satu orang pemukul cymbal, dan satu orang pemukul snare drum serta satu penabuh jimbe.

Baca Juga :  Luput Dari Perhatian Pemerintah Desa, Puluhan Tahun Hidup Dalam Kegelapan Mbah Lampi dan Mbah Warji Obeng Warga Desa Gading Tanon Sragen Akhirnya Terima Bantuan Listrik dari PLN UP 3 Surakarta, Mbah Lampi: Terimakasih Kalau Malam Sudah Terang Ada Lampunya

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati hadir untuk menyerahkan hadiah kepada para juara.

Pengasuh tim Sambirejo, Muh Abdul Jalil mengaku bersyukur bisa juara lantaran persiapannya hanya sepekan. Namun sebelumnya memang sering juara meski untuk tabuh bedug tingkat kabupaten baru pertama kali. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com