loading...

Ilustrasi/Tribunnews

JAKARTA –  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-6 Lebaran, yakni Sabtu (9/6/2018).

Hal itu berdasarkan survei Badan Litbang Kemenhub yang terkait potensi, karakteristik, dan pola pergerakan pemudik.

Survei dilakukan dengan metode online, yakni 75 persen melalui aplikasi Whats App, 14 persen dari website Kemenhub, 2 persen dari Facebook, 2 persen dari Line, 1 persen dari Instagram, dan 5 persen dari sumber lainnya.

Dikutip dari siaran pers dari Balitbang Kemenhub, Senin (4/6/2018), sebanyak 52 persen responden menunggu cuti bersama untuk mulai pulang kampung sehingga mudik pada H-6.

Sementara puncak arus balik, berdasarkan survei, terjadi pada H+3 Lebaran, yaitu pada Selasa (19/6/2018).

Dari survei yang sama, jumlah pemudik terbanyak berasal dari wilayah Jabodetabek. Adapun tujuan mudik paling banyak ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Loading...

Berdasarkan survei, mayoritas pemudik atau sebesar 46,7 persen memilih mudik menggunakan mobil pribadi. Alasannya, pemudik merasa mudik dengan mobil lebih fleksibel, nyaman, serta cepat.

Untuk angkutan Lebaran 2018, pemerintah meningkatkan sarana transportasi untuk mudik dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk transportasi darat, bus mengalami peningkatan sebanyak 1,68 persen. Kemudian kereta api mengalami peningkatan sebanyak 2,37 persen.

Adapun kesiapan transportasi laut pun meningkat. Kapal roro meningkat sebanyak 3,5 persen dan kapal laut sebanyak 1,17 persen.
Dari sektor penerbangan, peningkatan yang dihasilkan sebanyak 0,93 persen.

Ditingkatkannya persiapan angkutan Lebaran guna mengurangi pemakaian kendaraan bermotor pribadi.

Kementerian Perhubungan juga bersinergi dengan Jasa Raharja agar mudik bisa aman, selamat dan nyaman. Jasa Raharja juga menawarkan kemudahan untuk klaim asuransi melalui program dan aplikasi mudik gratis.

Selain itu, Kemenhub juga bersinergi dengan Bina Marga guna mengetahui kesiapan jalur mudik baik jalan arteri, jalan tol, dan tol fungsional, serta bekerja sama dengan Korlantas terkait persiapan pengaturan lalu lintas selama arus mudik dan arus balik lebaran 2018 berlangsung. # Tribunnews

Loading...