JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Rekap Hasil Pilgub di Wonogiri Digelar 5 Juni. Tingkat Partisipasi Pemilih Dibawah Target Provinsi

Mat Nawir di ruang media center KPU Wonogiri.JSNews/Aris Arianto
Mat Nawir di ruang media center KPU Wonogiri.JSNews/Aris Arianto

WONOGIRI-Tahapan Pilgub Jateng 2018 memasuki rekapitulasi hasil. Sementara tingkat partisipasi pemilih masih di bawah target provinsi.

Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir, menilai pelaksanaan Pilgub Jateng di Kabupaten Wonogiri berjalan lancar. Khususnya pemungutan dan penghitungan suara.

“Alhamdulillah lancar,” ungkap dia, Jumat (29/6/2018).

Usai pemungutan dan penghitungan di tingkat TPS maupun PPS bakal dilanjutkan tahapan berikutnya. Ya ini rekapitulasi hasil pemilihan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Baca Juga :  Paslon Josss dan Harjo Diminta Bikin Satgas COVID-19, Salah Satunya Untuk Memastikan Pelaksanaan Kampanye Sesuai Prokes, Supaya Terhindar Dari Permasalahan Batasan Massa Kampanye

Tahap tersebut dimulai 28 Juni hingga 4 Juli mendatang. Sedangkan rekapitulasi di tingkat KPU dijadwalkan digelar pada 5 Juli mendatang.

“Rekapitulasi di PKU sifatnya pleno dan dihadiri semua unsur yang terlibat,” jelas dia.

Sementara tingkat partisipasi pemilih pada Pilgub Jateng 2018 kali ini sebesar 69,9 persen. Angka ini masih berada di bawah target provinsi sebesar 77,5 persen. Dari jumlah pemilih sebanyak 843.860, pemilih yang menggunakan haknya sebesar 589.689.

Baca Juga :  Ini Dugaan Penyebab Menurunnya Partisipasi Pemilih Dalam Pilkada, Gegara Penggabungan TPS Hingga Jarak Semakin Jauh Dikhawatirkan Pemilih Malas Datang

Salah satu penyebab tingkat partisipasi belum bisa maksimal adalah banyaknya perantau yang masih berhak pilih di Wonogiri. Kebanyakan mereka telah balik ke perantauan pasca Lebaran belum lama ini. Aris Arianto