JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Al Firdaus Gelar Seminar Penguatan Pendidikan Keluarga

Triawati
Triawati

SOLO– Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemendikbud menggelar Seminar Nasional Penguatan Pendidikan Keluarga,  di Graha Soloraya, Solo, Selasa (24/7/2018). Mengambil tema “Keluarga sebagai Pilar Utama Pengasuhan dan Perlindungan Anak”, seminar menghadirkan narasumber motivator dan konsultan pendidikan dari International Thinking Training & Consultancy asal Jakarta, Hanny Hendrani dan Kasubdit Kemitraan Kemendikbud A. Hendra Sudjana.

Menurut Hanny, komunikasi efektif antara orangtua dengan anak harus menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan para orangtua di masa sekarang.  Meskipun orangtua memiliki berbagai latar belakang, orangtua mesti mengerti karakteristik masing-masing anak untuk berkomunikasi efektif dengan anak dan membangun nilai-nilai positif dalam diri mereka.

Baca Juga :  10 Tersangka Sudah Dibekuk, Polisi Buru 5 DPO Termasuk Otak Kasus Penyerangan Mertodranan Solo

“Jangan memakai cara kita dan memasukkan pikiran kita dalam mendidik anak. Namun kita tak boleh terlupa untuk masuk ke dunia anak untuk lebih mengerti dunia mereka. Komunikasi yang efektif antara orangtua dengan anak menjadi kunci untuk memberikan kesuksesan anak di masa kini dan di masa depan. Sukses itu tidak hanya di sekolah untuk saat ini. Tapi kesuksesan kita untuk memasukkan system-sistem nilai positif di diri mereka akan menjadi bekal mereka di masa depan,” tutirnya saat memberikan materi.

Selain Hanny Hendrani, seminar nasional tersebut juga menghadirkan Kasubdit Kemitraan Kemendikbud, A. Hendra Sudjana yang menyampaikan berbagai kebijakan terkait penguatan pendidikan keluarga di Indonesia.

Baca Juga :  Nahas! Hendak Berangkat Kerja, Perempuan Muda ini Tewas Terlindas Truk Kontainer di Simpang Empat Lojiwetan Solo

Di sisi lain, Kasi PAUD Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Galuh Murya Widawati menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan seminar nasional yang digelar Al Firdaus bersama Kemendikbud tersebut.

“Di Kota Solo, para orangtua sudah mulai sadar tentang pentingnya peran orangtua bagi pendidikan anak. 60% pendidikan anak ada di tangan orangtua selain tugas di sekolah dan masyarakat. Maka saya sangat mengapresiasi forum-forum seperti ini dan juga tumbuhnya kesadaran masyarakat melalui komunitas orangtua seperti Akademi Orangtua yang dikelola Al Firdaus,” ujarnya. Triawati PP