JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Al Firdaus Resmi Jadi Sekolah Kandidat International Baccalaureate

Istimewa
Istimewa

SOLO– Seluruh unit pendidikan di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus resmi menjadi sekolah kandidat framework pendidikan internasional International Baccalaureate. Unit-unit pendidikan yang resmi berkolaborasi dengan IB adalah Primary Years Program yang setingkat TK – SD dan Middle Years Program setingkat SMP hingga kelas 10 SMA yang mulai diterapkan di Al Firdaus smulai tahun pelajaran 2018/2019 ini.

Perwakilan IB Regional Asia Pasifik yang berbasis di Singapura, Mohammad Faizol Musa, dalam Opening Ceremony Academic Year 2018/2019 yang digelar di Assalaam Center pada Sabtu, 21 Juli 2018 lalu mengatakan, Al Firdaus resmi menjadi sekolah kandidat IB setelah menyelesaikan berbagai administrasi yang menyeluruh dari berbagai aspek untuk pendaftaran menjadi sekolah IB.

Istimewa

“Proses candidacy akan dimulai secara resmi pada 1 September 2018 dan konsultan IB akan terus memonitoring dan membantu Al Firdaus untuk resmi menjadi sekolah IB selama kurang lebih dua tahun ke depan. Kami sangat bangga pada pencapaian Al Firdaus yang memulai proses pendaftaran sejak akhir 2017 dan kini telah resmi menjadi sekolah kandidat. IB merupakan framework pendidikan yang telah diimplementasikan di ribuan sekolah di berbagai penjuru dunia. Selamat bagi Al Firdaus karena menjadi yang pertama menerapkan IB di Solo, dan di Jawa Tengah,” urai Faizol Musa.

Baca Juga :  Putra Sulung dan Menantu Presiden Jokowi Maju Pilkada Serentak 2020, Ini Perbandingan Harta Kekayaan Gibran dan Bobby, Tajir Siapa?

Sementara itu, Head of School Al Firdaus World Class Islamic School, Eny Rahma Zaenah, mengatakan kolaborasi Al Firdaus dengan IB meneguhkan tekad Al Firdaus untuk menjadi sekolah berkelas dunia untuk memberikan pelayanan yang prima dalam pendidikan anak.

“Kami mengkombinasikan identitas Al Firdaus sebagai sekolah Islam yang inklusif dengan framework pembelajaran sekelas IB dengan brand kami sebagai Al Firdaus World Class Islamic School. IB merupakan sebuah framewok manajemen sekolah dan tidak hanya di bidang kurikulum saja,” ujar Eny Rahma, Kamis (26/7/2018).

Eny menambahkan, IB melakukan review dari visi misi lembaga pendidikan, kurikulum dan pembelajaran, sarana prasarana, hingga hubungan sekolah dengan stakeholders dalam berbagai standar-standar yang ditetapkannya.

“Framework ini tetap sejalan dengan kurikulum pendidikan nasional karena konten pembelajaran tetap menggunakan materi dari dinas. Modifikasi dilakukan dalam proses pembelajaran yang kami lakukan bersama anak didik,” paparnya.

Di sisi lain, IB menjadi framework yang dipilih oleh Al Firdaus sebagai mitra karena konsepnya yang sejalan dengan konsep pendidikan Al Firdaus. Al Firdaus mengkombinasikan framework nilai-nilai Islam, Indonesia, dan Internasional yang dalam setiap mata pelajaran (knowledge) dihubungkan secara tema kolaborasi (concepts) melalui trans atau global context.

“Di samping siswa memahami isi atau konten materi pembelajaran, siswa juga mampu mengaitkan dengan hasil lain secara luas serta mengembangkan kemampuan metacognitive (skills) berusaha mempunyai akhlak dan sikap pelajar yang berbudi tinggi (attitude) serta mengamalkan ilmu dan pengertiannya dalam aksi (action) baik di sekolah maupun di rumah sebagai hasil dari pembelajaran,” teranv Eny Rahma.

Baca Juga :  Beredar Kabar Gerakan Hitamkan Solo,  Ketua PSHT Solo: Kami Imbau Sedulur Agar Tidak Turun ke Jalan dan Warga PSHT di luar Solo Tak Perlu Datang ke Solo

Al Firdaus WCIS diharapkan menghasilkan profil “Islamic Global Citizen” yang membekali siswa dari sisi pola pikir dan perilaku Islami sebagai muslim yang akan menegakkan nilai Islam di masa depan dimanapun dia berada. Tidak hanya menjadi cendekiawan muslim yang berfokus pada intelektual saja, namun juga menjadi Muslim yang kuat dalam aqidah, social, mental, ekonomi, dan jasmaninya. Menjadi muslim yang siap untuk menghadapi tuntutan zaman dan memberikan kemanfaatan bagi sesama.

Tak hanya IB, Al Firdaus World Class Islamic School menjalin kerjasama dengan Cambridge University Press untuk kurikulum Bahasa Inggris serta International Curricula Organization Network dari Saudi Arabia untuk kurikulum Bahasa Arab.

“Salah satu tools yang kami perkuat untuk anak-anak didik adalah bahasa asing sebagai alat komunikasi dan kolaborasi mereka dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Kurikulum bahasa asing ini pun diterapkan di jenjang Pre-Kindergarten hingga High School,” tukas Eny. Triawati PP