Beranda Daerah Wonogiri SMA Negeri di Wonogiri Kekurangan Murid

SMA Negeri di Wonogiri Kekurangan Murid

98
BAGIKAN
Ilustrasi PPDB

WONOGIRI-Musim penerimaan peserta didik baru (PPDB) saat ini, sejumlah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA) berstatus negeri di Kabupaten Wonogiri ternyata masih kekurangan murid.

Kondisi itu tidak hanya dialami sekolah pinggiran. SMA negeri yang ada di wilayah kecamatan kota sekalipun masih butuh ratusan calon murid baru.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Wonogiri yang juga Kepala SMA Negeri 1 Wuryantoro Pujo Irianto Langgeng berujar, masih banyak SMA di daerahnya kurang murid baru. Dari sepuluh SMA Negeri di Kota Sukses, kekurangan terbanyak dialami SMAN 3 Wonogiri di Kecamatan Wonogiri.

“Masih kurang 138 murid. Kuota yang dibutuhkan 324 calon murid namun hingga akhir PPDB hanya masuk 106 pendaftar,” kata dia, Kamis (12/7/2018).

Sementara kepala SMA negeri yang dihubungi secara terpisah, mengungkapkan kendati minim murid, tidak diperbolehkan memperpanjang PPDB atau menggelar pendaftaran susulan tahap ll. Berapa pun calon anak didik yang didapat itulah yang dilayani.

Baca Juga :  16 Kesebelasan Ramaikan Turnamen Sepakbola Arseta Cup IV

“Justru kondisi seperti ini mungkin akan menjadi bahan kajian Pemprov,” ujar Kepala SMA Negeri 1 Sidoharjo Wonogiri Uswatun H tasanah.

Kuota PPDB di SMA Negeri Sidoharjo adalah 144 anak. Tapi sampai saat ini baru ada 40 pendaftar alias masih kekurangan 104 murid.

Dia menambahkan, kekurangan calon murid baru sekolahnya selain karena bersaing dengan sekolah kejuruan (SMK) juga karena lulusan SMP yang cenderung terus merosot dari tahun ke tahun. Aris Arianto