loading...


Joko Widodo

KARANGANYAR- Dukungan yang diberikan Tuan Guru Bajang (TGB) terhadap Joko Widodo untuk melanjutkan kepemimpinan nasional selama dua periode, ditanggapi biasa oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Kepada sejumlah wartawan, sebelum memberikan pengajian kepada  calon jamaah haji di halaman RS PKU Muhammadiyah, Jumat (06/07/2018) malam, Wakil Ketua PP Muhammadiyah, Profesor Yunahar Ilyas, mengatakan, jika dukungan tersebut, merupakan hak pribadi.

Menurutnya, Muhammadiyah, tidak akan berbicara dan mengomentari orang lain. Yang jelas, lanjutnya, Muhammadiyah secara kelembagaan bersikap netral dan tidak akan memasuki ranah politik praktis.

Baca Juga :  Mengejutkan, PNS Pengedar Upal di Karanganyar Mengaku Dipaksa. Beli Rp 5 Juta Uang Palsu Ternyata Hanya Untuk Bayar Beginian.. 

“ Dukungan itu (terhadap presiden Jokowi, red) adalah hak mereka, hak individu. Kami tidak mau mengomentari orang lain. Jika ada ulama yang mendukung, itu hak pribadi.  Perlu saya tegaskan, Muhammadiyah, secara persyarikatan, akan bersikap netral dan tidak akan berpolitik praktis,” katanya.

Dijelaskannya, soal kriteria calon presiden, Muhammadiyah akan membuat kriteria  yang akan disampaikan kepada seluruh warga, tanpa menyebut nama dan dan dari partai mana

Baca Juga :  Yuditeha Bedah Novel "Astungkara" Karangan Panji Sukma

“ Kita akan buatkan kriteria presiden. Kita tidak sebut nama. Nanti Kita undang pimpinan Muhammadiyah ke Jogjakarta lalu kita sampaikan kriterianya. Biarkan warga yang memilih berdasarkan kriteria yang kita sampaikan,” tegasnya.

Ditambahkannya, bagi Muhammadiyah, yang penting bagaimana mendapatkan pemimpin yang jujur, yang beriman, adil,  yang kompeten dan mau memperjuangkan Islam, darimanapun partainya dan siapapun orangnya. Wardoyo

Loading...