loading...
Loading...
Ilustrasi/Tribunnews

Memilih hewan kurban memang sudah menjadi rutinitas setiap tahun. Namun, memilih hewan kurban yang benar-benar sehay dan sesuai dengan persyaratan agama terkadang masih menjadi keaulitan bagi sebagian orang.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli hewan kurban, pastikan memahami beberapa tips untuk memilihnya.

Koordinator Penjualan Hewan Kurban Alamanda, Medi (42) mengatakan untuk membeli hewan kurban yang pertama lebih memperhatikan kesehatan hewan melalui ciri fisik maupun ketentuan lain.
“Pertama, sapi atau dombanya aktif gerakannya. Tidak diam, nafsu makannya banyak berarti normal,” ujar Medi, di Jalan Tubagus Ismail Nomor 57, Kota Bandung, Kamis (9/8/2018).

Medi mengatakan hewan yang layak dikonsumsi dagingnya bisa dilihat dari sifat fisik hewan kurban itu sendiri. Pasalnya, tak bisa sembarangan memberikan hewan kurban pada Hari Raya Iduladha kali ini.

Tahapan kedua, sudah memenuhi syarat umur. Karena ketentuan setiap jenis hewan ternak yang akan dikurbankan berbeda-beda. Untuk domba adalah berusia satu tahun, dan sapi dua tahun.

Ketiga, hewan kurban telah mengalami pergantian gigi seri depan dan bawah. Medi, menuturkan bahwa karakter gigi susu kecil dan runcing, sedangkan gigi tetap dari hasil pergantian adalah besar dan rata.

Keempat, hewan kurban mesti dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, luka, diare, lemas, juga perhatikan kotoran apabila keras berarti tanda sehat.

Kelima, tidak kurus dan cacat. Serta jika testisnya hewan jantan mengkerut tanda kurang sehat. Pasalnya, dengan memberikan perawatan dan asupan makanan yang terbaik, tentu akan meraih hasil terbaik pula.

“Alas tempat berpijak sapi menggunakan pavling blok dan serbuk gergaji kayu. Untuk domba jauh di atas panggung. Tidak secara langsung berpijak di tanah karena banyak bakteri dan cacing,” katanya. #Tribunnews

Loading...