JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Jalan Baru Menuju Kawah Gunung Lawu Segera Dibangun. Pendaki Bisa Naik Lewat Tangga Baru 

Gunung Lawu. Foto/Istimewa
   
Gunung Lawu. Foto/Istimewa

KARANGANYAR –  Keinginan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar untuk membuat anak tangga ke puncak Gunung Lawu bakal segera diwujudkan. Rencananya, Pemkab Karanganyar bakal melakukan groundbreking anak tangga dari Cemoro Kandang ke Puncak Hargo Dumilah Gunung Lawu pada tanggal 17 Agustus mendatang. Proyek spektakuler tersebut diperkirakan akan selesai pada tahun 2020.

“Kami akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan anak tangga menuju puncak Lawu usai upacara detik-detik proklamasi. Dana pembangunan itu sepenuhnya Coorporate Social Responsibility (CSR),” ujar Bupati Karanganyar, Juliyatmono usai melaunching agenda menyambut kemerdekaan ke 73 di halaman Setda didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Titis Sri Jawoto Rabu (1/8/2018)

Dia menambahkan tujuan pembangunan itu adalah kesejahteraan masyarakat. Sebab orang yang datang akan berlibur dan menikmati pemandangan Gunung Lawu. Sehingga duit akan diberikan ke masyarakat Karanganyar melalui membeli makanan, souvenir dan lain sebagainya. Juliyatmono mengilustrasikan pembangunan anak tangga tersebut seperti halnya anak tangga ke Grojogan Sewu.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“Saya tegaskan ini jalan baru bukan jalan yang selama ini dilalui pendaki. Sehingga nantinya menuju Argo Dumilah ada tiga cara. Pertama menggunakan jalur jalan kaki yang selama ini dilalui, kedua menggunakan tril atau kendaraan, ketiganya adalah jalan baru dan benar-benar baru dengan menggunakan anak tangga,” imbuh orang nomor satu di Karanganyar tersebut.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Titis Sri Jawoto mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan relawan.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Artinya nanti yang mengerjakan relawan dengan didampingi teknis dari DPU. Paling lambat, menurut Titis pembangunan anak tangga itu akan selesai pada tahun 2020.

Jalan baru dengan anak tangga tersebut salah satunya akan menuju kawah di Gunung Lawu yang selama ini belum dilihat masyarakat luas.

“Sekali ini bagian dari wisata pesona alam yang luar biasa. Mungkin, hanya Gunung lawu yang akan mempunyai anak tangga,” imbunya,

Dia mengatakan dengan anak tangga tersebut, dijamin pendaki tidak akan tersesat. Sebab ini bagian dari wisata alam hutan raya. Pihaknya berharap orang yang hanya ingin wisata menaiki Puncak Gunung Lawu dengan tangga akan mendapatkan pemandangan yang mempesona dan luar biasa. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com