loading...

Tokoh perpustakaan Desa Puro, Sri Hartati saat menerima penghargaan nasional dari Kepala Perpustakaan Nasional di Jakarta, Kamis (6/9/2018). Foto/istimewa

SRAGEN- Kabupaten Sragen patut berbangga. Salah satu pegiat di dunia perpustakaan asal Desa Puro, Kecamatan Karangmalang, Sri Hartati mendapat kehormatan meraih penghargaan nasional.

Tatik, sapaan akrabnya, yang menjadi Kepala Perpustakaan Desa Puro dinobatkan mendapat penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka tingkat nasional tahun 2018.

Penghargaan bidang pustaka itu diberikan untuk kategori masyarakat. Berdasarkan apa yang tertera dalam piagam penghargaan, Tatik dinilai berjasa atas dedikasi dan sumbangsihnya terhadap pengembangan perpustakaan dan budaya baca secara terus menerus di Indonesia.

“Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Bapak Muhammad Syarif Bando di Integrity Convention Center Kemayoran Jakarta pada Kamis 6 September 2018 kemarin,” papar Tatik, Minggu (9/9/2018).

Sri Hartati saat berpose bersama duta baca nasional sekaligus presenter kondang, Najwa Shihab usai menerima penghargaan di Jakarta. Foto/Wardoyo

Ia mengaku tak menyangka bakal mendapat penghargaan nasional itu. Menurutnya, selama ini dia memang dipercaya untuk mengeloka perpustakaan desa Puro yang diberi nama Perpustakaan Bukuku Guruku.

Penyerahan penghargaan itu disampaikan dalam acara Gemilang Perpustakaan Nasional di Integrity Convention Center Kemayoran, Jakarta Pusat. Nama Sri Hartati bersanding dengan sejumlah tokoh pegiat perpustakaan dari sejumlah daerah yang dianggap berjasa dan layak diberikan penghargaan nasional.

Foto/Wardoyo
Loading...

“Tentu bersyukur dari pemerintah pusat setidaknya memberikan apresiasi yang besar lewat penghargaan ini. Meski penghargaan sebenarnya bukan tujuan utama kami, yang terpenting kami ingin agar kehadiran perpustakaan desa bisa menggerakkan minat baca sehingga menambah wawasan masyarakat. Penghargaan ini juga berkat dukungan masyarakat pula. Mudah-mudahan ke depan kami bisa terus memberdayakan sehingga keberadaan perpustakaan desa bisa semakin dirasakan manfaatnya untuk masyarakat,” tandasnya. Wardoyo

 

 

Loading...