loading...

Ilustrasi/tribunnews

Di zaman milenial ini, orang nyaris tak lepas dari internet. Maka tak heran kesulitan sinyal terkadang membuat orang merasa paling sedih.

Tapi tak perlu risau, karena ada sejumlah cara untuk mensiasati kesulitan itu dan memperkuat sinyal seluler. Bila berhasil, sinyal ponsel dapat naik satu atau dua bar.

Berikut sejumlah tips yang dapat dilakukan.
1. Lepas casing dan pegang dengan benar

Casing pada ponsel dapat meredam sinyal. Oleh karena itu bila dilepas, maka penerimaan sinyal akan menjadi lebih baik.
Selain itu, bagaimana kita memegang ponsel juga berbengaruh. Sebaiknya kita menggunakan headset atau hands-free saat melakukan panggilan agar tangan tidak menghalangi sinyal.

2. Membuat penguat sinyal
Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membuat penguat sinyal sendiri. Kita bisa memanfaatkan kawat, klip kertas, hanger dari tembaga, lilitan kawat tembaga, kaleng soda, wajan, antena radio lama dan bahkan tutup panci.
Untuk kawat tembaga, dapat dilakukan dengan menyolder ujung kawat dengan socket antena ponsel. Sedangkan klip kertas dapat diluruskan terlebih dahulu dengan tang, lalu bengkokkan sedikit ujung klip dan tempelkan ke soket antena HP.
Agar tidak lepas, selotiplah klip kertas itu pada HP. Begitu pula yang dapat dilakukan dengan antena radio lama, yakni menghubungkannya ke soket antena ponsel.

Namun, cara ini dapat menghilangkan garansi karena harus membongkar perangkat. Atau yang lebih mahal, Anda bisa membeli widget penguat sinyal dan juga menginstall aplikasi signal boosters.

Loading...

3. Menjauhkan dari alat elektronik lain

Bisa saja sinyal terganggu karena terlalu berdekatan dengan alat elektronik lain. Salah satu langkah paling mudah adalah dengan menjauhkannya dari ponsel.
Bila masih terganggu, cobalah untuk melakukan restart. Terkadang cara ini bisa menjadi solusi tepat.

4. Mengatur jaringan
Bila saat menggunakan jaringan 3G justru sinyal menjadi bermasalah, maka kita dapat mengubahnya menjadi 2G ataupun Edge. Ini biasanya dapat menjadikan penerimaan jaringan pada ponsel menjadi lebih baik.
Bila sedang bepergian dan tak ingin repot, kita bisa menggunakan roaming setting (pengaturan jelajah) agar dapat memilih jaringan sesuai lokasi.

5. Manfaatkan WiFi
Bila smartphone sudah mendukung Unlicensed Mobile Access (UMA), kita dapat memanfaatkan WiFi ketika berada di daerah miskin sinyal. Kita tetap dapat melakukan panggilan, SMS dan terhubung ke internet dengan layanan tersebut.
Bebeberapa tipe Blackberry dan Android telah mendukung ini. #tribunnews

Loading...