loading...

Humas UNS

SOLO– Perpustakaan Univetsitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggandeng Yayasan Warna Warni Indonesia (WWI) untuk mengembangkan literasi budaya Jawa. Hal itu diungkapkan Kepala UPT Perpustakaan UNS berdasarkan hasil kunjungan dan diskusi bersama pendiri yayasan wwi, Dr. Agustian Budi Prasetya, M.PA, Jumat (7/9/2018).

Menurut Kepala UPT Perpustakaan UNS, Muhammad Rohmadi, untuk mendukung pengembangan koleksi seni dan budaya Jawa di lantai 3 perpustakaan UNS maka diperlukan upaya untuk menginformasikan dan memberdayakan koleksi dan referensi budaya jawa kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Oleh karena itu, perpustakaan UNS harus terus bergerak secara kreatif melibatkan semua lembaga dan yayasan yang memiliki konsentrasi terhadap seni, budaya, dan bahasa Jawa, dan yayasan WWI salah satu diantaranya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kami mengembangkan kerja sama bersama yayasan WWI. Dalam waktu dekat akan dikembangkan literasi budaya jawa dalam bentuk diskusi, bedah buku dlm bahasa Jawa kerja sama dengan TATV, dan peluncuran rumah dan museum budaya tgl 7 oktober 2018 oleh yayasan warna warni Indonesia di Kratonan Surakarta,” ujarnya.

Dengan berbagai kegiatan bersama ini diharapkan literasi budaya jawa semakin dapat berkembang bagi seluruh masyarakat NKRI. Dengan demikian, kearifan lokal masing-masing daerah, akan terangkat untuk mendukung pengayaan budaya nasional bangsa Indonesia.

“Upaya ini dilakukan perpustakaan uns dalam rangka mendukung capaian visi UNS untuk melestarikan budaya daerah dan nasional menuju di NKRI sehingga dapat menjadi kontribusi Indonesia di mata dunia,” pungkas Rohmadi. Triawati PP

Loading...