JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Awas, 2 Anak Jalanan dan Pengamen di Sekitar Pasar Bunder Ditemukan Positif AIDS! 

Tes HIV/AIDS di Pasar Bunder. Foto/Wardoyo
Tes HIV/AIDS di Pasar Bunder. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Penyebaran virus HIV/AIDS di Sragen semakin mengkhawatirkan. Tak hanya kalangan risiko tinggi, penyebaran AIDS ternyata juga sudah ditemukan di kalangan pedagang pasar, pengamen maupun anak jalanan.

Hal itu terungkap dari hasil tes VCT yang digelar Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Sragen terhadap para pedagang pasar, sopir, anak jalanan, gelandangan hingga pengemis di sekitar Pasar Bunder.

“Kemarin dari kegiatan tes yang kita lakukan di Pasar Bunder, dari sekitar 35 yang dites, ada dua yang positif,” papar Pengelola Program KPA Sragen, Wahyudi, belum lama ini.

Baca Juga :  Polres Sragen Bekuk Predator Anak di Bawah Umur asal Mondokan. Bermodus Ancam Viralkan Foto-Foto Korban, Pelaku Perkosa Korban-Korbannya di Kuburan Cina

Ia menuturkan kalangan pasar, pedagang, sopir, pengamen dan anak jalanan menjadi sasaran sosialisasi dan tes, lantaran mereka juga masuk kelompok risiko tinggi tertular HIV/AIDS.

Selain dites VCT, mereka juga diberikan sosialisasi terkait pengertian HIV/AIDS, bahaya dan pencegahannya.

Wahyudi menambahkan kegiatan sosialisasi dan tes itu akan terus digencarkan untuk menekan penyebaran HIV/AIDS di Sragen.

Baca Juga :  Baru Terungkap, Ustadz Muda Sragen Habib MA Yang Meninggal Terpapar Covid-19 Ternyata Punya Penyakit Penyerta Ini. Bupati Kaget Karena Mendiang Tidak Merokok, Warga Sebut Rajin Olahraga!

Sementara pantauan di lokasi, hampir sebagian yang mengikuti tes memang didominasi anak jalanan, gelandangan, pengamen keliling, sebagian sopir hingga pedagang.

“Belum pernah tes Mas. Baru kali ini. Takut suntik. Belum tahu juga AIDS itu apa,” ukar Suti (50) pengamen keliling asal Jenar yang sering mangkal di Pasar Bunder dan sekitarnya.  Wardoyo