JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Mahasiswa KPI IAIN Salatiga Galakkan Literasi

loading...
Loading...
SEMINAR DAN BEDAH BUKU – Dr.Mukti Ali M.Hum (dua dari kanan) dan Aguk Irawan LC.MA (kiri) menjadi narasumber dalam kegiatan Communication Festival yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Salatiga, Rabu (10/10/2018). Foto: istimewa

SALATIGA – Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah IAIN Salatiga mengalakkan literasi. Hal ini salah satunya ditandai dengan menggelar Seminar Literasi dan Bedah Buku bertema Berekspresi dan Berkarya Melalui Goresan Tinta di Auditorium Kampus III, Rabu (10/10/2018).

Dalam keterangan tertulis yang dikirimkan kepada Joglosemarnews.com, acara  ini digelar sebagai rangkaian kegiatan Comunnications Festival (Comfest) ini menghadirkan narasumber Dekan Fakultas Dakwah, Dr Mukti Ali dan Penulis Buku Biografi Sosrokartono, Aguk Irawan.

 

Dalam pemaparannya Mukti Ali menyoroti masih lemahnya budaya literasi di kalangan mahasiswa saat ini. “Sekarang ini era teknologi. Kalau tidak punya buku, bisa pakai kuotanya untuk download e-book,” ujar dia di hadapan peserta yang berjumlah sekitar 300 mahasiswa ini. Lebih lanjut diutarakan dia penting untuk mahasiswa bemiliki budaya literasi yang baik. “Harus banyak baca agar bisa menulis,” ungkap dia.

Baca Juga :  Geger Penemuan Mayat Pria Misterius Tergeletak Membusuk di Pertambakan Wonokerto. Begini Ciri-Cirinya! 

Motivasi untuk menggalakkan budaya literasi juga diutarakan Aguk Irawan. Melalui sosok Sosrokartono, ia menceritakan kakak RA Kartini ini sebagai orang yang “kaya” dalam hal literasi. Oleh karena itu tidak mengherankan jika karyanya begitu banyak dan menguasai puluhan bahasa. “Sosrokartono adalah seorang wartawan perang pada Perang Dunia I. Ia menguasai 34 bahasa. Sosok yang luar biasa,” kata dia.

Terpisah, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) KPI IAIN Salatiga Gesang Kusuma menjelaskan tema literasi sengaja dipilih lantaran tulisan menjadi jembatan suatu pemikiran kepada pemikiran lainnya. “Melihat kebanyakan mahasiswa pengguna medsos, kita perlu menumbuhkan kecintaan terhadap literasi agar tidak hanya menjadi penikmat, namun juga aktor yang berperan di dalamnya” jelasnya.

Baca Juga :  Duh, Gudang Milik Mantan Bupati Kebumen Ludes Dilalap Api. Kerugian Ditaksir Puluhan Juta Rupiah

Sekadar diketahui kegiatan Comunnications Festival (Comfest) digelar selama dua hari, Rabu – Kamis (10-11/10/2018). Selamin seminar dan bedah buku, kegiatan ini juga diisi dengan Festival Film. Ada sekitar delapan film karya mahasiswa KPI IAIN Salatiga yang diperlombakan. Hadir sebagai narasumber sekaligus juri dalam festival ini salah seorang anggota Tim Kreatif Iklan UC 1000, Doni Adhi Saputra. Acara festival film direncanakan digelar Kamis (11/10/2018). *

 

Loading...