JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jumlahnya Melonjak, Pemilih Sementara Bertambah 4 Juta Lebih, TPS Bertambah 2 Ribu Lebih

   
ilustrasi

JAKARTA – Jumlah pemilih maupun tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pemilu 2019 ternyata bertambah cukup signifikan. Tambahan tersebut berasal dari 28 provinsi yang sudah menyerahkan rekapitulasi perbaikan data pemilih.

“Dari 28 provinsi yang sudah menyerahkan DPT hasil perbaikan kedua, ada penambahan jumlah pemilih dan TPS,” ujar ketua KPU Arief Budiman dalam Rapat Pleno KPU di Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018).

Baca Juga :  Pemindahan ASN ke IKN Dimulai September 2024, Yang Sudah Menikah Boleh Bawa Keluarganya

Arief mengatakan penambahan data pemilih tersebut berjumlah 4.499.868 pemilih dan TPS sebanyak 2.844 dari 28 provinsi yang tersebar pada 418 kabupaten kota, 5.709 kecamatan, dan 68.289 kelurahan.

Arief mengatakan jika digabung dengan daftar pemilih di enam provinsi yang masih belum menyelesaikan rekapitulasinya, maka data sementara DPT hasil perbaikan berjumlah 189.144.900 pemilih. Adapun enam provinsi yang belum menyelesaikan rekapitulasi DPT perbaikan adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku.

Baca Juga :  Diduga Catut Nama Dosen di Malaysia, Prof Kumba Akhirnya Mundur dari Jabatan Dekan FEB Unas

Arief mengusulkan memberikan waktu tambahan bagi KPU untuk memperpanjang waktu rekapitulasi bagi 6 daerah yang masih belum selesai tersebut.

Arief Budiman menyebut kendala yang dihadapi provinsi yang belum menyelesaikan rekapitulasi tahap kedua itu karena kondisi geografis dan jumlah penduduk yang banyak.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com