JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pembobolan Puskopdit Solo, Kapolres Sragen: Puluhan BPKB dan Sertifikat Sengaja Dibuang Untuk Menghilangkan Jejak!

Kapolsek Sambungmacan, AKP Joko Widodo bersama anggota dan warga saat mengambil puluhan BPKB dan sertifikat asli yang ditemukan di bawah Jembatan Mahbang, Sambungmacan, Minggu (18/11/2018). Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Kapolsek Sambungmacan, AKP Joko Widodo bersama anggota dan warga saat mengambil puluhan BPKB dan sertifikat asli yang ditemukan di bawah Jembatan Mahbang, Sambungmacan, Minggu (18/11/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN- Misteri temuan puluhan sertifikat tanah dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) di tepi sungai di bawah Jembatan Mahbang, Kenatan, Sambungmacan, Sragen, Minggu (18/11/2018) pagi akhirnya terungkap. Puluhan surat berharga itu kemudian terungkap merupakan properti milik Puskopdit Bekatigade Solo.

Pihak Polresta Solo merilis luluhan BKPB dan sertifikat asli itu merupakan agunan para nasabah kredit di koperasi itu yang dilaporkan dibobol pelaku pencurian.

Kapolres Sragen, AKBP Arif Budiman memastikan puluhan surat berharga itu terdeteksi merupakan hasil pembobolan kantor berlokasi di Solo. Jumat (23/11/2018), barang bukti itu sudah diserahterimakan ke Polresta Solo yang merupakan lokasi koperasi yang dibobol dan laporan perkaranya.

“Sudah kita serahkan ke Polresta Solo. Karena memang TKP pencuriannya di wilayah Polresta Solo,” papar Kapolres, Jumat (23/11/2018).

Menurut Kapolres, diduga kuat puluhan BPKB maupun sertifikat itu sengaja dibuang oleh pelaku untuk menghilangkan jejak. Pelaku pembobolan dimungkinkan memandang barang tersebut tidak memiliki ekonomis sehingga kemudian di buang di Jembatan Mahbang Sambungmacan.

Baca Juga :  Kades Positif Covid-19, Semua Warga Tegaldowo Gemolong Yang Kontak Erat Setelah Tanggal 20 Juli Diminta Segera Lapor dan Isolasi Mandiri!

“Selanjutnya penanganannya menjadi kewenangan Polresta Solo,” tandasnya.

Kapolres menjelaskan dari hasil pengecekan di Samsat, BPKB yang ditemukan itu semuanya asli. Pun dengan sertifikat tanahnya juga dipastikan asli setah dikroscek ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Saat ini BB temuan sertifikat dan BPKB masih diamankan di Mapolsek Sambungmacan. Kalau sudah fix lokasi Solo, nanti akan dilakukan serah terima BB ke Solo,” tandasnya.

Seperti diberitakan, puluhan surat berharga itu ditemukan tanpa sengaja oleh warga yang sedang mencari ikan di lokasi kejadian.

Data yang dihimpun di lapangan, puluhan sertifikat dan BPKB itu ditemukan sekitar pukul 07.30 WIB oleh Sarmanto, warga Dukuh Kenatan, RT 7, Karanganyar, Sambungmacan.

Ia menemukan saat hendak mencari ikan di sungai di bawah jembatan.

Baca Juga :  Terungkap, Keluarga Mbah Sonem yang Nekat Menutup Jalan Kampung Gading Sragen dengan Tembok, Ternyata Dikenal Trah Tajir. Sempat Menolak Tanah Dibeli untuk Jalan, Tawaran Amal Jariyah Pun Dienyahkan

Sesampai di lokasi, ia kaget mendapati beberapa bendel berisi BKPB dan sertifikat asli dalam keadaan basah. Puluhan surat berharga itu dalam kondisi tercecer berada di tepi sungai. Temuan itu langsung ia laporkan ke Polsek setempat. Tak lama berselang, tim Polsek Sambungmacan dipimpin Kapolsek AKP Joko Widodo langsung terjun ke lokasi untuk mengambil temuan itu dan melakukan olah TKP.

“Saat ditemukan, kondisi BPKB dan sertifikatnya basah. Kemudian dibawa ke Mapolsek dan dilakukan penjemuran. Kalau dari fisiknya, kelihatannya BPKB dan sertifikat itu asli. Saat ini semua masih diamankan di Mapolsek,” papar Kapolres Sragen, AKBP Arif Budiman Minggu (18/11/2018).

Kapolsek menguraikan dari hasil pendataan, total ada 25 surat BPKB asli yang ditemukan. Sedangkan jumlah sertifikatnya terdeteksi sebanyak 3 bendel sebanyak 18 buah. Wardoyo