loading...
Loading...
Pakar Kehumasan, Widodo Muktiyo saat berbicara di hadapan peserta seminar. Foto : dok

SUKOHARJO-Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), menyelenggarakan seminar tentang Public Relations. Acara yang bertema “Dare To Speak Well In Public and Relation” ini berlangsung pada Sabtu (3/11/2018) di Auditorium M Djazman, Kampus UMS.

Seminar ini menghadirkan dua pembicara yang memiliki kepakaran di bidang public relations yakni Widodo Muktiyo, pakar ilmu komunikasi dan Zahra Noor Eriza, pengajar ilmu komunikasi di UMS.

Widodo Muktiyo, yang juga selaku Dewan Kehormatan Badan Pengurus Pusat Perhubungan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) itu berharap kepada mahasiswa agar memiliki perencanaan yang baik dan ideal untuk mencapai kesuksesan.

Baca Juga :  Akper 17 Karanganyar Berubah Jadi STIKES Tujuh Belas

Wakil Rektor IV Universitas Sebelas Maret (UNS) tersebut dalam materinya menyebutkan bahwa ilmu Public Relations tidak hanya persoalan berbicara di depan umum saja, tetapi mencakup kegiatan-kegiatan lainnya. “Cara berpakaian, cara berperilaku, wawasan yang luas dan lainnya perlu dikuasai oleh seorang praktisi PR,” Jelas mantan Kepala Humas UNS tersebut.

Sedangkan Zahra Noor Eriza menyampaikan tentang tata cara public speaking yang baik. Dia berharap mahasiswa lebih banyak berlatih bicara, karena seorang praktisi PR harus lebih banyak berkomunikasi dengan masyarakat.

Baca Juga :  BULOG Jalin Kerjasama On Farm dengan UNS

Dia punya trik untuk mereka, bahwa kemampuan berbicara di depan umum bisa dilatih secara terus menerus, meskipun awalnya tidak memiliki bakat. “Bisa melakukan puclic speaking bukan karena bakat, tapi karena sering berlatih,” jelas penyiar Radio Gesma FM itu.

Seminar tersebut tidak hanya diikuti oleh para mahasiswa ilmu komunikasi UMS, namun juga oleh mahasiswa dari luar Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI UMS), termasuk peserta dari mahasiswa di luar kampus UMS.

Baca Juga :  Hadapi Era Industri 4.0 Diperlukan Moral Dan Pendidikan Nilai Kewarganegaraan

Menurut Banu Adzkar, Ketua Panitia Seminar tersebut menyampaikan, seminar tersebut untuk memfasilitasi mahasiswa ilmu Komunikasi agar lebih memahami lebih mendalam terkait Public Relations dan Public Speaking.

“Himakom ingin memfasilitasi temen-temen mahsiswa khususnya dari program studi ilmu komunikasi menambah pengetahuan tentang Public Relations dan Public Speaking,” ujar mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS tersebut. (Triawati P)

Iklan
Loading...