loading...
Loading...
Tribunnews

BANTUL – Nama sate klatak mungkin sudah tidak asing lagi di telinga awam. Nah, menariknya adalah jika kuliner tersebut difestivalkan. Itu yang terjadi dan dihelat di pantai Parangtritis, Bantul, Minggu (18/11/2018).

Acara  yang dihelat oleh Dinas Pariwisata Kabulaten Bantul tersebut mengusung tema Festival Sate Klatak de Paris. Acara digelar dalam rangka promosi pariwisata nusantara di dalam negeri dan luar negeri.

Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, mengatakan, festival ini sengaja digelar dalam upaya untuk membranding kuliner khas Bantul.

Baca Juga :  Ini Dia Warung Soto yang Lagi Viral ! Makan Soto Sambil Digelitiki Ribuan Ikan

“Sehingga dengan adanya festival ini, harapannya, dunia luar lebih meyakini dan mengenal sate klatak benar-benar makanan khas dari Bantul,” kata Kwintarto, ditemui di lokasi kegiatan, Minggu (18/11/2018).

Sate klatak sendiri sebenarnya hampir sama dengan sate kambing pada umumnya. Akan tetapi yang sedikit membedakan, sate klatak tidak ditusuk dengan bambu ketika dibakar, melainkan jeruji sepeda.

Baca Juga :  Semua Rangkaian Perayaan Sekaten Keraton Yogyakarta Terbuka untuk Masyarakat Umum, Warga Antusias Saksikan Upacara Tumplak Wajik

Penyajiannya pun cukup sederhana, bukan menggunakan sambal bawang kecap. Namun dengan gulai tengkleng.

Peserta Festival Sate Klatak de Paris di Bantul tengah membakar sate.

Festival yang baru pertama kali digelar ini mengikutsertakan sebanyak 57 peserta. Terdiri dari pelaku usaha atau pedagang profesional, ibu PKK, dan Pelajar/Mahasiswa.

Menurut Kwintarto, dari berbagai kategori yang ikut dalam festival ini menjadi satu bukti bahwa kuliner sate klatak sangat membumi di Bantul.

Baca Juga :  120 Mobil VW Tampil di Jogja VW Festival 2019, Termasuk dari Jepang dan Belgia

“Siapapun bisa membuat dan menikmati sate klatak sebagai sajian kuliner khas Bantul. Harapannya sate klatak bisa terkenal di kancah nusantara dan internasional,” tuturnya.

Adapun kriteria penilaian dari lomba memasak sate klatak ini meliputi rasa, tampilan atau plating dan kostum dari masing-masing peserta.

Kriteria rasa dengan cita rasa gurih, enak, dan empuk. Plating atau penyajian menarik dan kostum meriah. #tribunnews

Loading...