JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sragen Raih Penghargaan Bhumandala Award 2018 

Foto/Humas Kab
Foto/Humas Kab

SRAGEN – Kabupaten Sragen kembali mencatatkan prestasi dengan meraih Penghargaan Bhumandala Awarrd 2018. Sragen masuk peringkat Bhumandala Ariti kategori Kabupaten atau Kota dari Badan Informasi Geospasial (BIG).

Penghaegaan diserahkan Kepala Staf Presiden Moeldoko dan diterima oleh Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno di Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta bersamaan dengan Peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta serta Peluncuran Buku Kemajuan Infrastruktur Nasional yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (11/12/2018).

Kabag Humas Setda Sragen, Yuniarti mengungkapkan menurut hasil penilaian tim juri, Penghargaan Bhumandala Ariti dianugerahkan kepada Kabupaten Sragen atas inovasinya menggunakan lnformasi Geospasial (lG) untuk melayani masyarakat.

Baca Juga :  Lakukan Kesalahan Fatal, 6 Peserta Ujian SKB Seleksi CPNS Sragen Dipastikan Gugur. Ini Kesalahannya!

Serta integritas dan kepedulian pimpinan daerah terhadap peningkatan dan pengembangan pemanfaatan lG. Lantas kekompakan dan harmonisasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyatukan visi dan misi juga salah satu poin positif dari Kabupaten Sragen.

“Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terhadap kinerja simpul jaringan yang mengacu pada Perpres Nomor 27 Tahun 2014 tentang Jaringan lnformasi Geospasial Nasional serta Perpres Nomor 9 tahun 2016 tentang Percepatan Kebijakan Satu Peta (PKSP),” jelasnya.

Baca Juga :  Kebakaran Hebat Hanguskan Rumah Tukang Loper Roti di Doyong Miri. Hanya Dalam 3 Jam, Rumah dan 2 Sepeda Motor serta Harta Benda Hangus Tak Tersisa, Pemilik Terpaksa Ngungsi

Berdasarkan kedua peraturan tersebut, maka penyelenggaraan Informasi Geospasial harus mengacu pada satu standar, satu referensi, satu database spasial, dan satu geoportal.

Geoportal yang digunakan untuk mengelola data geospasial di Kabupaten Sragen dapat diakses melalui aplikasi IBU SUKOWATI (Informasi Bumi Sukowati) melalui www.geoportial.sragenkab.go.id atau dengan mengunduh aplikasi Geoportal Kabupaten Sragen di Play Store (berbasis android).

Demi meningkatkan performa yang baik, ke depannya Kabupaten Sragen dapat meningkatkan kualitas SJ dengan membangun Geoportal, peningkatan Sumber Daya Manusia, dan kontrol kualitas terhadap IG yang masuk. Wardoyo