JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Awas Gelombang Setinggi 6 Meter Diprediksi Melanda Laut Selatan

Gelombang tinggi mengempas bibir pantai Sembukan Wonogiri.
Gelombang tinggi mengempas bibir pantai Sembukan Wonogiri.

WONOGIRI-Gelombang tinggi diprediksi terjadi di Samudera Indonesia atau Laut Selatan. Tidak tanggung-tanggung gelombang bisa setinggi hingga 6 meter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, Kamis (31/1/2019), mengingatkan adanya gelombang tinggi Samudera Indonesia. Gelombang tersebut diprediksi terjadi dari 30 Januari hingga 2 Februari 2019.

Baca Juga :  Luar Biasa Lur, DPMPTSP Wonogiri Sukses Raih Penghargaan Public Service of The Year 2020, Penyelenggaranya Markplus Bekerjasama Dengan Majalah Marketeers

“Informasi dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Stasiun Meteorologi Cilacap mengingatkan potensi gelombang tinggi,” kata dia.

Gelombang tinggi tersebut berpotensi terjadi di sejumlah perairan di Samudera Indonesia. Yang paling dekat dengan Wonogiri adalah perairan selatan Jogjakarta.

“Tinggi gelombang diperkirakan antara 4 hingga 6 meter,” sebut dia.

BPBD selanjutnya mengimbau pelaku aktifitas di sekitar pantai selatan wilayah Wonogiri untuk memperhatikan potensi tersebut . Pasalnya pantai Wonogiri bersinggungan langsung dengan Samudera Indonesia.

Baca Juga :  Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Wonogiri 2020, Apa Saja Persiapan Tim Joko Sutopo-Setyo Sukarno Alias Josss dan Hartanto-Joko Purnomo Atau Harjo?

Aktitas tersebut, dijelaskan Bambang diantaranya penangkapan ikan laut dan hasil laut lainnya oleh nelayan. Selain itu aktifitas wisatawan yang menikmati keindahan panorama laut selatan. Aris Arianto