JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Hati-hati Melintas di Gunung Pegat Wonogiri. Pohon Mulai Tumbang Ada Ancaman Longsor Juga

Evakuasi pohon tumbang di Gunung Pegat Wonogiri, Selasa (22/1/2019).
   
Evakuasi pohon tumbang di Gunung Pegat Wonogiri, Selasa (22/1/2019).

WONOGIRI-Pengendara yang melintas di Jalan Raya Wonogiri-Baturetno, wilayah Gunung Pegat, Nguntoronadi, Wonogiri mesti lebih ekstra hati-hati. Pasalnya rawan terjadi pohon tumbang dan ada ancaman longsor.

Pohon tumbang jenis sonokeling tumbang di Gunung Pegat pada Selasa (22/1/2019). Lokasi tepatnya di Petak 41 A RPH Gebang BKPH Wonogiri Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi.

Tidak ada korban akibat peristiwa itu. Namun lantaran pohon tumbang melintang jalur provinsi, arus kendaraan sempat terhenti.

Baca Juga :  Uji Coba PSASP SMP Digelar 22-27 April 2024, Akhirnya Terungkap Tujuannya

“Lalu lintas sempat macet karena pohon tumbang. Saat ini sudah bisa dikondisikan,” terang Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto.

Menurut dia, Gunung Pegat termasuk rawan bencana alam. Pihaknya sudah memasang papan peringatan bahaya bencana di sejumlah titik sepanjang Gunung Pegat.

“Saat melintas di Gunung Pegat pengguna jalan harus hati- hati, terlebih ketika musim penghujan. Karena wilayah ini juga rawan bencana alam tanah longsor,” tandas dia.

Salah satu warga, Sutrisno mengatakan, beberapa tahun silam tepatnya di 2015, seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia, setelah motor yang dikendarainya tertimpa pohon sonokeling. Pemotor itu merupakan warga Kecamatan Batuwarno. Saat kejadian, hujan deras disertai tanah longsor.

Baca Juga :  Pesta Siaga Ranting Karangtengah Wonogiri, Gembira Semangat Inovatif dan Terampil

Bahkan, di pengujung 2015, arus lali lintas macet total selama berjam-jam. Lantaran terjadi tanah longsor disertai robohnya rumpun bambu.

“Beberapa kali terjadi pohon tumbang dan menimpa kendaraan yang melintas di bawahnya,” sebut dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com