JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kota Solo Segera Miliki Museum Uang

Ilustrasi | joglosemarnews.com
Ilustrasi | JOGLOSEMARNEWS.COM

SOLO- Bank Indonesia Kantor Perwakilan  (KPw) Solo akan mendirikan museum uang. Dengan demikian, Kota Solo akan melengkapi koleksi museumnya dengan Museum Uang.

BI Solo akan menggunakan kantor lama yang terletak di sisi utara kantor BI sekarang atau berdampingan dengan Balai Kota Solo. Untuk pengerjaan museum akan dimulai awal tahun ini dan diperkirakan rampung pada pertengahan tahun ini.

Menurut Deputi Bank Indonesia KPw Solo, Taufik Amrozy, rencana pendirian museum ini sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Untuk pembahasan tidak hanya dilakukan oleh BI saja, tetapi juga melibatkan pihak lain yang berkompeten pada bidang sejarah.

Baca Juga :  Gaet Pemilih Milenial, Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa Bakal Gelar Konser Virtual

“Kami melibatkan sejarawan, baik dari UNS maupun UGM. Kemudian kami juga melibatkan pihak terkait lainnya. Hal ini cukup penting mengingat museum BI nantinya akan menampilkan beragam jenis uang dan juga sejarahnya. Sehingga, masyarakat atau para pengunjung bisa memahami mengenai sejarahnya. Akan banyak jenis uang yang akan ditampilkan dalam museum BI. Kami akan melakukan penataan ruangannya, dan nantinya yang ditampilkan tidak hanya uang saja. Melainkan juga ada yang lainnya,” terangnya, Jumat (4/1/2019).

Baca Juga :  Putra Sulung dan Menantu Presiden Jokowi Maju Pilkada Serentak 2020, Ini Perbandingan Harta Kekayaan Gibran dan Bobby, Tajir Siapa?

Taufik berharap, dengan adanya museum ini masyarakat menjadi lebih mengenal mengenai sejarah uang di Indonesia khususnya dan juga sejarah uang dari negara lain.

“Mengingat, nantinya yang ditampilkan tidak hanya uang dari Indonesia saja. Ada banyak jenis uang yang akan ditampilkan, tentunya uang yang cukup langka. Keberadaan museum ini sekaligus untuk memanfaatkan bangunan atau kantor yang selama ini tidak digunakan atau ditempati,” tukasnya. Triawati PP